Istri Mantan Presiden AS George W. Bush Meninggal Dunia Akibat Penyakit PPOK

Portaltiga.com – Istri Mantan presiden Amerika Serikat Goerge W. Bush, Barbara Bush meninggal dunia pada Rabu (18/4/2018). Barbara Bush meninggal setelelah menolak perawatan di rumah sakit walaupun dirinya tengah menderita sakit paru-paru. Barbara Bush meninggal di usia 92 tahun.

“Setelah serangkaian perawatan di rumah sakit baru-baru ini, dan setelah berkonsultasi dengan keluarga dan dokternya, Ny. Bush, yang kini berusia 92 tahun, memutuskan untuk tidak mencari perawatan medis tambahan dan malah akan fokus pada perawatan yang ‘nyaman’,” ungkap Jim McGrath sang jubir keluarga dalam sebuah rilis, dikutip dari The Guardian.

Istri dari presiden Amerika Serikat George W. Bush ini disebut-sebut meninggal karena beberapa kondisi medis, salah satunya adalah chronic obstructive pulmonary disease atau penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

PPOK adalah salah satu bentuk penyebab penyakit paru obstruktif. Sejumlah laporan media menyebutkan Barbara Bush mengidap jenis penyakit progresif ini.

Menurut situs Web MD, penyakit ini disebabkan adanya kerusakan pada paru-paru atau penyempitan jalur udara di dalam paru-paru. Sehingga udara yang dikeluarkan jadi lebih lambat dari biasanya.

Hal tersebut mengakibatkan sejumlah besar udara dapat tertinggal di paru-paru. Gejala yang timbul biasanya sering bernapas pendek karena kesulitan mengeluarkan udara dari paru-paru.

PPOK biasanya terjadi pada orang berusia di atas 40 tahun dan punya sejarah perokok berat. 90 persen kasus PPOK berasal dari perokok, seperti dikutip dari Health Line.

Meski begitu, PPOK juga dapat menyerang perokok pasif. Penyakit ini dapat berisiko tinggi menyebabkan gagal jantung. (dtc/tea)

JOIN THE DISCUSSION