ISSI Kembali Gelar Tour de Indonesia

Portaltiga.com – Setelah vakum selama 7 tahun, even balap sepeda Tour de Indonesia kembali bergulir. PB Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) menggulirkan tour de Indonesia tahun 2018 dengan menghadirkan pembalap-pembalap luar negeri.

“Sudah tujuh tahun even balap sepeda internasional ini vakum. Ini menggugah kami untuk menghidupkan kembali tour de Indonesia,” kata Ketua Umum PB ISSI, Raja Sapta Oktohari kepada wartawan usai rapat koordinasi persiapan tour de Indonesia di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (9/1/2018).

Dijelaskan, tour de Indonesia banyak diminati pembalap asing. Pihaknya mendaftar ada 16 tim balap sepeda luar negeri dari 20 tim yang diundang mengikuti tour de Indonesia tahun ini. Masing-masing tim luar negeri terdiri dari lima pembalap dari berbagai negara.

Empat tim lainnya dari Indonesia. Semuanya tim continental, yaitu tim PGN, KFC dan ACC. “Selain itu, ada juga tim nasional Indonesia,” ujarnya.

Tour de Indonesia 2017 digelar pada 25-28 Januari. Menempuh jarak 630 Km dari empat etape yang dilalui oleh pembalap. Keempat etape itu, Candi Prambanan-Ngawi (etape 1), Madiun-Mojokerto (etape 2), Probolinggo-Banyuwangi (etape 3) dan Gilimanuk-Denpasar (etape 4).

Semula start dilaksanakan di candi Borobudur. Lalu dipindah ke candi Borobudur. Perpindahan ini, karena mepetnya waktu dan proses perizinan yang cukup panjang.

“Tapi, kita terus berkoordinasi dengan pihak candi Borobudur, jika memungkinkan bisa dilaksanakan di Borobudur. Yang pasti pada etape pertama ini, berlangsung seru karena medannya datar. Baru etape 2 dan 4 ada medan tanjakan,” jelasnya. (bmw/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION