Headline News

The Initiative: Gus Ipul Ditempel Ketat Khofifah Dan Risma

26/04/2017
131 Views

Portaltiga.com: Mendekati Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jatim 2018, persaingan memperebutkan kursi Gubernur kian ketat. Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf ditempel ketat populartias dan elektabilitas oleh dua tokoh perempuan Khofifah Indar Parawansa dan Tri Rismaharini.

 

Ketatnya persaingan tersebut diungkap lembaga survei The Initiative Kubus Rubrik Pilkada Jatim kepada wartawan di Surabaya, Rabu (25/4). “Ada tiga tokoh yang punya popularitas dan elektabilitas tinggi dibanding lainnya,” kata CEO The Initiative, Airlangga Pribadi Kusnan.

Berdasar survei yang dibeber dihadapan puluhan wartawan, Saifullah Yusuf yang akrab dipanggil Gus Ipul, menempati peringkat tertinggi tingkat popularitas dan elektabilitasnya. Popularitas Gus Ipul mencapai 82,8 persen dan elektabilitasnya 33,2 persen.

Peringkat kedua ditempati Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dengan popularitas 81,4 persen dan elektabilitas 28,3 persen. Walikota Surabaya Tri Rismaharini menempel ketat di urutan ketiga dengan popularitas 75,4 persen dan elektabilitas 26,1 persen.

Tingginya popularitas dan elektabilitas Gus Ipul, belum menjamin mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal ini mudah memenangkan Pilkada Jatim tahun depan. Buktinya, dalam survei tersebut, responden yang memilih Gus Ipul sebagai Calon Gubernur lebih rendah dibanding Calon Wakil Gubernur.

Untuk calon gubernur, Gus Ipul mendapat dukungan 33,17 persen. Sedangkan calon wakil gubenur, Gus Ipul mendapat dukungan lebih tinggi yakni 34,90 persen. Posisi Gus Ipul tersebut, kalah dari Risma (gubernur 26,13 persen, wakil gubernur (21,50 persen) dan Khofifah (gubernur 28,31 persen, wakil gubernur 21,10 persen).

“Itu artinya, untuk posisi gubernur, Gus Ipul minus 1,73 persen. Kalah dari Risma yang plus 4,57 persen dan Khofifah plus 7,21 persen. Jika ingin mempertahankan elektabilitasnya sebagai calon gubernur, maka Gus Ipul harus bisa mengubah mindsetnya mulai sekarang,” ujarnya.

Survei The Initiative ini, dilakukan dengan menggunakan metode tanya jawab langsung kepada responden. Sebanyak 950 responden yang ditanya. Mereka berusia 17 tahun ke atas. 950 responden tersebut, berasal dari 99 desa/kelurahan dari 11 daerah pemilihan (dapil).

Menariknya, dari survei ini diketahui muncul nama mantan Calon Gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Tingkat popularitas AHY 40,29 persen dan elektabilitasnya berkisar di angka 25 persen. AHY mengungguli beberapa tokoh lain, seperti Halim Iskandar, Said Abdullah, Azwar Anas, Rendra Kresna, M Misbakhun dan Hasan Aminudin. (Bmw)

 

Leave A Comment