Headline News

Ini Wilayah Rawan Pilkada Jatim 2018

13/11/2017
23 Views

Portaltiga.com – Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin mengatakan, ada beberapa daerah yang berpotensi rawan saat pelaksanaan Pilkada 2018 mendatang.

Diantaranya yakni wilayah Madura, Pasuruan, Bondowoso, Probolinggo, dan Mojokerto.

Dalam rangka mengamankan tahapan pilkada serentak 2018 Polda Jatim pun menurunkan total 27.840 personel. Sedangkan pada tahap pungut dan hitung suara akan diturunkan maksimal 120.999 personel, terdiri dari Polri, TNI, serta Linmas.

“Guna mendukung terlaksananya pilkada yang aman, tertib dan lancar telah dilakukan Cipta Kondisi melalui sinergitas tiga pilar plus dari provinsi hingga kecamatan. Ini sesuai dengan gagasan Pak Gubernur bahwa Pilkada Jatim ini untuk Jatim,” ungkap Machcfud Arifin pada acara Rapat Peningkatan Ketertiban dan Keamanan Wilayah Provinsi Jatim di Grand City Convex, Surabaya, Senin (13/11/2017).

Sedangkan Gubernur Soekarwo meminta tiga pilar dalam kecamatan yakni camat, kepala kepolisian sektor (kapolsek) dan komandan rayon militer (danramil) harus kompak.

“Tiga pilar di kecamatan ini harus saling mendukung, sehingga segala konflik yang mungkin timbul jelang maupun saat pelaksanaan pilkada serentak nanti cukup diselesaikan di tingkat kecamatan,” ungkap Pakde Karwo Sapaan akrab Gubernur Jatim.

Pakde Karwo menambahkan, masyarakat Jatim memiliki kultur yang cukup baik dalam menyelesaikan konflik. Oleh sebab itu, tiga pilar ini harus segera merespon jika ada yang mencurigakan atau terjadi kerusuhan meski sedikit.

Lebih lanjut disampaikan, faktor pemicu konflik dalam Pilkada diantaranya yakni penyelenggara pilkada dinilai tidak netral, SDM nya kurang profesional, dan pasangan calon/paslon tidak legowo menerima kekalahan.

Disamping itu, juga adanya ketidakakuratan Daftar Pemilih Tetap/DPT, dan kekurangan logistik surat sura di TPS.

“Dalam mengantisipasi beberapa hal ini diperlukan pengawasan ketat oleh Bawaslu serta peran aktif masyarakat. Dukungan dari Pemda dan Jajaran juga diperlukan untuk menyelenggarakan pilkada yang berkualitas,” tukasnya. (abi)

Leave A Comment