Ini Sinopsis Film Hujan Bulan Juni

Portaltiga.com – Pingkan (Velove Vexia), gadis campuran Manado dan Jawa merasa sangat nyaman dekat dengan pemuda Jawa bernama Sarwono (Adipati Dolken).

Kedekatan mereka perlahan menetap bertahun-tahun di dalam ruang kedap suara yang Sarwono namakan kasih sayang. Mereka menikmatinya, toh tanpa harus melabeli status hubungan mereka.

Suatu ketika, Pingkan yang merupakan dosen muda Sastra Jepang di Universitas Indonesia mendapatkan kesempatan berharga untuk belajar ke Jepang selama dua tahun.

Pingkan tak sendiri, karena ada Katsuo (Koutaro Kakimoto) yang menemaninya. Katsuo adalah siswa asal Jepang yang belajar di Indonesia. Pemuda itu cukup perhatian pada Pingkan.

Akan ditinggal pergi, Sarwono bukannya tak nelangsa. Di sisi lain sisi dia tak ingin menghalangi pujaan hatinya pergi.

Pergi menengok bunga sakura kesukaannya. Pergi melihat musim semi walau tanpa Sarwono di sisinya.

Menjelang keberangkatan Pingkan, Sarwono yang merupakan dosen antropologi di Universitas Indonesia ditugaskan pihak kampus melakukan presentasi kerjasama ke Universitas Sam Ratulangi, Manado. Dia lantas meminta Pingkan menjadi guide-nya selama di Manado.

Di sana, Pingkan memanfaatkan kesempatan bertemu keluarga besar mendiang ayahnya yang asli Manado. Dirinya mulai tersudut kala keluarga menanyainya soal hubungan dia dengan Sarwono. Belum lagi hadirnya, Benny (Baim Wong), sepupu Pingkan yang tak suka pada Sarwono.

Perbedaan antara keduanya cukup besar, namun bukan berarti mereka tak menyadarinya. Pingkan dan Sarwono sudah terlanjur nyaman menetap bertahun-tahun dalam kasih sayang lewat cara mereka sendiri.

“Mencintaimu harus menjelma aku….” (ant/ab)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION