Ini Ritual Emil Dardak Sebelum Nyoblos

Portaltiga.com – Calon wakil gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak memiliki ritual yang selalu dilakukan setiap coblosan pilkada.

Ia melakukan sungkem sebelum pencoblosan. Selain sungkem kepada kedua orang tuanya, yakni Hermanto Dardak dan ibunya, Emil Dardak juga melakukan ziarah makam.

“Sebelum saya melakuan pencoblosan, terlebih dahulu saya ziarah ke makam eyang saya,” ujar Emil Dardak, Rabu (27/6/2018).

Emil Dardak melakukan sungkem di rumahnya di Jalan Wahid Hasyim nomor 3, Kabupaten Trenggalek. Setelah ritual sungkem ini selesai, selanjutnya menuju makam untuk melaksanakan ziarah dan berdoa.

“Sudah menjadi tradisi sejak dahulu, bahwa saya selalu sungkem sebelum berangkat (pencoblosan). Ketika pilkada lalu, saya juga sungkem sebelum berangkat,” ucap Emil Dardak.

Emil dardak bersama istri, Arumi Bachsin dan juga keluarga besar Emil Dardak berziarah ke makam eyang Emil Dardak, yakni Mohammad Dardak.

Ia dan rombongan juga berziarah ke makam sesepuh Trenggalek, yakni Makam Ki Ageng Menak Sopal.

Dalam setiap ziarah, Emil Dardak melakukan doa bersama yang dipimpin oleh salah satu keluarga besar Emil Dardak.

“Saya berdoa di makam eyang saya, karena beliau juga mempunyai nilai sejarah pembangunan di Trenggalek, Eyang saya termasuk pendiri Masjid Agung Trenggalek dan menjadi imam masjid kala itu,” papar Emil. (kcm/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION