Headline News

Ini Pesan Menlu Retno Marsudi Pada Mahasiswa Agar Jadi Mahasiswa Jaman Now

04/11/2017
200 Views

Portaltiga.com – Himpunan Mahasiswa (HIMA) Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga berkolaborasi dengan Center for Strategic Global Studies (CSGS) menggelar Reaffirming Indonesia’s Foreign Affairs in Airlangga International Seminar and Conference (RENAISSANCE) bersama Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi di Aula Kahuripan Gedung Rektorat Unair Surabaya, Sabtu (4/11/2017).

Konferensi yang digelar dengan tema “Jokowi’s Foreign Policy: Indonesia’s Path Toward Middle Powership”. RENAISSANCE dilaksanakan di Aula Kahuripan Gedung Rektorat UNAIR Surabaya dan dihadiri oleh kurang lebih 350 peserta yang terdiri dari mahasiswa Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Katolik Parahyangan, UPN Veteran Jakarta, sekaligus para akademisi dan para dosen Universitas Airlangga.

Selain Menteri Luar Negeri RI, hadir pula 5 keynote speakers lainnya yaitu Prof. Makarim Wibisono (Mantan UN Special Rappporteur untuk Palestina, Guru Besar Luar Biasa Dept. HI Universitas Airlangga), Dr. Ganewati Wuryandari M.A (Peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), Vinsensio Dugis, Ph.D (Dosen Dept. HI Universitas Airlangga), Phillips J. Vermonte, Ph.D (Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies), dan Makmur Keliat, Ph.D (Dosen Dept. HI Universitas Indonesia).

Dengan keputusan Presiden Republik Indoensia yang tidak hanya fokus pada negara-negara regional dan negara tetangga, namun juga menetapkan jalur untuk kekuatan menengah seperti China dan India maka RENAISSANCE digelar untuk lebih memahami sifat dari kebijakan luar negeri tersebut.

Dalam pidatonya Retno Marsudi mengatakan “Banggalah akan demokrasi dan pluralisme. Karena jika kalian bangga, maka kalian bisa dikatakan Mahasiswa Zaman Now,” ungkap Retno. (dny/tea)

Leave A Comment