portaltiga.com
Headline Umum

Ini Penyebab Jalan Raya Gubeng Ambles

Portaltiga.com – Ahli Geologi dari Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS) Sofyan Hadi mengatakan amblesnya Jalan Raya Gubeng disebabkan beberapa faktor. Kemungkinannya antara lain karena minimnya sistem penahanan serta pelarutan air di dalam tanah.

Sofyan mengaku sudah melihat langsung ke lokasi ambles di Jalan Raya Gubeng. Dari dugaan sementara memang ada beberapa faktor yang menjadi penyebab amblesnya tanah sampai di kedalaman 20 meter lebih.

“Di dekat lokasi ambles tanah itu ada proyek yang sedang berlangsung. Makanya ada dugaan longsor tanah ke arah barat. Ini menjadi catatan penting bagi para pelaksana proyek untuk memerhatikan betul konstruksi tanah,” ujar Sofyan, Rabu (19/12/2018).

Sofyan melanjutkan ketika ada galian yang cukup dalam idealnya memang harus ada sistem penahannya yang cukup kuat. Pada posisi tanah yang relatif padat, ada kehadiran air. Sehingga terjadi pergerakan. Kondisi di lokasi amblesnya tanah juga ada sistem gorong-gorong di dua sisi.

“Saya belum berani memberikan vonis dini, memang butuh data-data yang lengkap untuk bisa memberikan penyebab utama,” ucapnya.

Untuk mencegah adanya pergerakan susulan, katanya, harus disiapkan cara untuk mengalihkan air hujan. Sebab, beberapa hari terakhir di Surabaya selalu diguyur hujan. Kondisi itu tentu bisa memberikan pengaruh pada lubang yang mengangga.

Adanya air nantinya bisa menimbulkan pelarutan lagi. Termasuk air yang dari gorong-gorong kota. “Harus disiapkan sistemnya, salah satu yang bisa digunakan juga mengunakan pompa untuk menyedot air,” jelasnya. (abi)

Related posts

PBB Berikan Penghargaan Kepada Kota Surabaya

admin

Jalan Raya Gubeng Ambles, Ini Pengalihan Arus Lalu Lintasnya

admin

Jalan Raya Gubeng Mulai Tersambung

admin