Ini Lima Kecamatan Yang Diselimuti Hujan Abu Gunung Soputan

Portaltiga.com – Abu akibat erupsi Gu ung Soputan di Minahasa Selatan yang terjadi pada Rabu (3/10/2018) pagi telah menyelimuti lima kecamatan.

“Saat ini sudah ada lima kecamatan yang terdampak hujan abu dari erupsi Gunung Soputan,” kata Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan Henri Palit ketika dihubungi lewat telepon pada Rabu.

Kecamatan yang terdampak hujan abu Gunung Soputan meliputi Amurang Timur, Tumpaan, Suluun Tareran, Tareran, dan Tatapan.

Henri mengatakan Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu telah memerintahkan instansi terkait mengantisipasi dampak abu vulkanik Gunung Soputan.

“Bupati sudah menginstruksikan untuk segera melakukan penanganan di daerah yang terdampak erupsi, serta membantu masyarakat,” katanya.

Pemerintah Kabupaten, menurut dia, sudah membagikan masker bagi warga daerah terdampak abu Soputan, utamanya daerah yang paling dekat dengan gunung api itu.

“Ada dua desa yang dekat dengan Gunung Soputan yaitu Kota Menara, dan Maliku, kami langsung menyalurkan bantuan ke daerah tersebut,” ujarnya.

Pemerintah daerah, ia menambahkan, juga menyiapkan bantuan air bersih bagi warga daerah terdampak hujan abu Gunung Soputan. (ant/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION