portaltiga.com
Headline Intermezzo

Ini Game Lokal yang Sukses Go International

Portaltiga.com – Seiring majunya perkembangan industri game yang semakin diakui, beberapa negara yang awalnya hanya didominasi oleh konsumen kini telah berkembang menjadi kreator dibalik beberapa seri game populer. Seperti Indonesia contohnya, dimana tahun ini saja sudah banyak game buatan developer lokal yang meluncur ke pasar konsol dan PC. Walaupun awalnya kurang mendapat perhatian, namun seiring berjalannya waktu sudah banyak game Indonesia yang mulai diminati oleh banyak gamer di seluruh penjuru dunia.

Mulai dari kualitas yang solid hingga konsep unik, kebanyakan game buatan developer Indonesia saat ini rasanya sudah semakin berkembang pesat. Dari sekian banyak game lokal yang dipasarkan saat ini, pasti ada beberapa diantaranya yang berhasil mempromosikan industri game Indonesia dan pastinya hadir dengan kualitas terbaik untuk dinikmati.

Untuk itu, pada artikel kali ini Kru KotGa sudah merangkum list dari lima game buatan developer Indonesia yang sukses go internasional. Daripada penasaran, yuk! simak list lengkapnya di bawah ini.

1. DreadOut series

Masing ingat dengan DreadOut? Game horror dengan pendekatan legenda makhluk halus Indonesia ini sudah menunjukkan pencapaian manis sebagai salah satu game indie terbaik di tahun 2014 lalu. Berkat pencapaian teresebut, developer Digital Happiness kembali mendapat kesempatan untuk merilis seri terbarunya yang berjudul DreadOut Keepers of The Dark dan DreadEye VR yang membawa kesan horror lebih realistis. Popularitas franchise ini langsung melonjak setelah beberapa YouTuber ternama seperti PewDiePie, ikut memainkan game ini dan merasakan pengalaman horror yang telah lama mereka rindukan.

Dibandingkan semua game yang ada dalam list ini, bisa dibilang DreadOut adalah yang paling sukses. Karena selain mendapatkan proyek film adaptasi, pihak developer saat ini juga tengah menyiapkan sekuel gameya yang berjudul DreadOut 2. Menghadirkan peningkatan grafis signifikan berkat implementasi Unreal Engine 4, sekuelnya tersebut juga akan hadir dengan beragam perombakan baru dari segi gameplay dan atmosfer horror yang lebih mencekam

2. Legrand Legacy: Tale of the Fatebounds

Satu lagi game yang pastinya sudah tidak asing lagi bagi gamer Indonesia. Legrand Legacy: Tale of the Fatebounds bisa dibilang adalah salah satu game yang mulai memberi pembuktian besar akan kualitas karya buatan developer Indonesia. Setelah memasuki masa pengembangan selama beberapa tahun dan dirilisnya beberapa versi Demo, game ini akhirnya resmi diluncurkan dan sukses mendapat perhatian dari banyak penggemar JRPG klasik. Walaupun kualitasnya tidak bisa disandingkan dengan kebanyakan game JRPG ikonik lainnya, namun Legrand Legacy tetap hadir dengan jalan cerita, gameplay turn-based klasik, serta art direction yang dibangun dengan sangat baik. Tidak hanya di Indonesia, game ini juga cukup populer di wilayah barat sejak pertama kali diluncurkan pada awal tahun ini.

3. Fallen Legion

Masih dari genre RPG, Fallen Legion adalah game laiinya yang juga mendapat perhatian lebih di pasar Internasional. Berkat perilisannya di beberapa platform, game ini telah menjangkau lebih banyak basis pemain dan tetap menjadi game incaran para penggemar RPG side-scrolling. Mengandalkan gameplay dan pendekatan desain yang unik, Fallen Legion bisa dibilang adalah eksperimen yang berhasil. Walaupun di sisi lain banyak gamer masih belum bisa mengapresiasinya, namun tidak sedikit juga yang puas dengan pendekatan konsep yang ditawarkannya. Memadukan elemen dunia fantasi yang kuat dengan gameplay strategis, Fallen Legion adalah RPG yang pastinya wajib untuk dicoba.

4. Ghost Parade

Dikembangkan oleh developer Lentera Nusantara, Ghost Parade adalah game platformer terbaru yang telah sukses menggaet publisher ternama Askys Games dalam pemasarannya. Mengusung artstyle yang unik dengan atmosfer khas seri The Nightmare Before Christmas, Lentera berhasil meracik Ghost Parade menjadi game platformer yang solid dari segi presentasi maupun gameplay. Selain membuka sesi demo publik dan mendapatkan penghargaan di beberapa negara, Ghost Parade juga memiliki halaman Weebtoon dan toko online yang menjual merchandise eksklusifnya sendiri.

5. Valthirian Arc: Hero School Story

Kembali ke genre RPG, belum lama ini ada satu lagi game asal Indonesia yang kembali diluncurkan di pasar internasional. Diberi nama Valthirian Arc: Hero School Story, game buatan developer Agate Studio dan dipublish oleh PQube ini sebelumnya adalah proyek lain yang berjudul Valthirian Arc: Red Covenant. Setelah berhasil mengumpulkan dana yang yang lumayan tinggi dari kampanye Kickstarter, pendanaan tersebut akhirnya digunakan untuk menyempurnakan game ini dan memungkinkan rilis ke lebih banyak platform. Sejak dirilis, game ini telah mendapat banyak respon positif akan perpaduan konsep sekolah sihir dan gameplay yang seru. (kotakgame/abi)

Related posts

Trik Rakit PC Gaming Kentang Tapi Bisa Untuk Main Game Kekinian

admin

Jual Beli dan Joki Mobile Legends, Apakah Pantas?

admin

Ini 5 Smartphone Gaming Sekelas Konsol

admin