Ini Dia Manfaat Tidur Siang

Portaltiga.com – Sebagian orang kadang terlalu sibuk dengan aktivitas yang mereka lakukan pada siang hari. Namun, jika kita mengistirahatkan tubuh sejenak pada siang hari, malah akan membuat tubuh kita menjadi lebih baik lagi dalam melakukan aktivitas kita pasca tidur siang.

Tidur siang mampu memulihkan tenaga selepas beraktivitas, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh asalkan tidak memakan waktu lebih dari 30 menit sampai satu jam. Apa saja manfaat tersebut? Yuk simak 5 manfaat tidur siang bagi kesehatan tubuh seperti dikutip dari Women’s Weekly:

1. Jantung jadi lebih sehat

Tidur siang tidak selamanya berarti malas. Tidur siang bermanfaat bagi jantung karena menurunkan tekanan darah dan memperbaiki sistem kardiovaskular. Saat tidur siang, dua hormon yaitu adrenalin dan non adrenalin membantu menjaga tubuh supaya tetap merangsang denyut jantung.

Sebuah studi ilmiah Yunani pada tahun 2007 juga menunjukkan bahwa kebiasaan tidur 30 menit setiap tiga kali seminggu mengurangi risiko kematian akibat gagal jantung hingga lebih dari 30 persen.

2. Meningkatkan kreativitas

Dengan meningkatkan fokus, memori dan kewaspadaan, tidur siang merangsang kreativitas dan membantu memecahkan masalah yang sulit. Hal ini hampir wajib dilakukan di Jepang dan beberapa negara lain mulai menyadari manfaatnya.

Mereka yang beristirahat di siang hari lebih awal, lebih produktif saat bekerja kembali dan menghasilkan ide baru dengan lebih mudah.

3. Mengisi waktu tidur yang hilang

Insomnia kronis sudah menjadi bagian dari kehidupan modern saat ini. Ketika tidak cukup tidur di malam hari, ternyata kita bisa membayar utang tidur dengan tidur siang. Cara ini menjadi salah satu yang tepat dalam membuat tubuh tetap bugar dan menjaga suasana hati hingga malam hari datang.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Waktu tidur yang cukup memicu terbentuknya protein antivirus oleh sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikaitkan juga dengan rendahnya risiko infeksi pada tubuh. Bahkan tidur siang singkat bisa mengembalikan kadar hormon dan protein yang membantu melawat stres sehingga meningkatkan sistem kekebulan tubuh.

5. Pengobatan yang manjur

The French National Institute of Sleep and Vigilance (InSV) menganggap tidur sebagai pengobatan non medis dengan efek analgesik. Migrain dan nyeri otot dapat diminimalisir dengan tidur siang ini. Menurut InSV, tidur siang juga bisa mengurangi kebutuhan akan obat-obatan seperti antihipertensi, (pengobatan untuk tekanan darah tinggi), stimulan dan vitamin. (dtc/tea)

About the author

Related

JOIN THE DISCUSSION