portaltiga.com
Headline Umum

Ini Daftar Tempat Jual NFT

Portaltiga.com – Menjual non-fungible token (NFT) seperti Ghozali Everyday dapat dilakukan di sejumlah marketplace. Tempat paling populer adalah OpenSea, namun ada juga marketplace lain mulai dari Rarible hingga khusus game dan metaverse macam Axie Infinity dan Decentraland.

NFT secara cepat menjadi salah satu kripto paling populer sejak 2020 seiring semakin banyaknya pemegang mata uang kripto dan investor konvensional yang ingin memiliki aset digital berbasis blockchain yang unik ini.

NFT merupakan token virtual yang mewakili kepemilikan sesuatu yang secara inheren berbeda dan langka, baik itu item fisik atau digital, seperti karya seni, soundtrack, koleksi, item dalam game, atau real estate.

Kemudian berbeda dengan mata uang kripto biasa seperti Bitcoin ataupun uang Fiat seperti dolar AS, NFT tidak bisa saling dipertukarkan satu sama lain karena setiap token memiliki nilai tertentu berdasarkan sifat dan atributnya masing-masing.

Selain itu, tidak seperti mata uang kripto biasa, NFT tidak dapat dibeli di pusat pertukaran kripto. NFT terdaftar dan diperdagangkan di pasar online khusus atau marketplace yang dibuat spesial untuk NFT.

Marketplace NFT

Marketplace NFT adalah platform tempat NFT dapat disimpan, ditampilkan, diperdagangkan, dan dalam beberapa kasus dicetak. Pasar ini mirip konsep Amazon atau eBay bagi bagi produk-produk NFT.

Untuk mengakses dan menggunakan marketplace ini Anda harus memiliki beberapa hal, di antaranya dompet kripto atau wallet, sejumlah koin di wallet tersebut untuk transaksi dan gas fee, serta akun untuk digunakan.

Anda harus memilih wallet kripto yang kompatibel dengan jaringan blockchain yang mendukung NFT yang ingin Anda beli. Misalnya, jika Anda berencana membeli atau menjual NFT berdasarkan platform blockchain Ethereum, Anda harus menggunakan dompet Ethereum yang kompatibel seperti MetaMask.

Contoh lainnya, untuk NFT yang dijual di blockchain Solana, Anda harus menggunakan layanan dompet seperti Sollet.

baca juga : Nagan Raya, dealer teranyar Mitsubishi di Aceh

Kemudian Anda perlu melakukan pengisian dana terlebih dahulu di dompet tersebut sebelum bisa membeli, mendaftarkan, atau mencetak NFT. Sekali lagi, Anda perlu mencari tahu cryptocurrency mana yang didukung oleh pasar yang ingin Anda gunakan.

Terakhir, Anda harus membuat akun di marketplace tempat Anda ingin membeli NFT.

Perlu dicatat bahwa, sebagian besar, mendaftar dan membuat NFT di marketplace akan membebankan biaya. Biayanya bervariasi tergantung pada sistem berbasis blockchain mana yang Anda ingin digunakan.

Dilansir dari Coin Desk, berikut daftar marketplace NFT yang dapat digunakan untuk bertransaksi:

1. OpenSea
2. Rarible
3. SuperRare
4. Nifty Gateway
5. Foundation

Selain daftar marketplace tersebut, untuk aset digital khusus seperti avatar dunia maya atau kartu fantasy football digital, ada lima marketplace populer tempat sebagian besar penjualan NFT dilakukan:

1. Nba Top Shot
2. Axie Infinity
3. Sorare
4. Valuables
5. Decentraland

Sumber: CNN Indonesia