Ini Daftar Rekomendasi PKS untuk Pilkada se-Jatim

Portaltiga.com – Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW PKS) Jawa Timur (Jatim) merampungkan rekomendasi bagi 4 calon wali kota/calon wakil wali kota (Cawali/Cawawali) dan 10 calon bupati/calon wakil bupati (Cabup/Cawabup) dalam Pilkada serentak 2018 di Jatim.

Rekomendasi tersebut, diberikan kepada pasangan kepala daerah setelah melalui tahapan pengusulan dari Tim Pemenangan Pemilu Daerah (TPPD) PKS di kabupaten/kota, dilanjutkan dengan penyampaian visi misi di hadapan Tim Pemenangan Pemilu Wilayah (TPPW) PKS, lalu penetapan oleh Tim Pemenangan Pemilu Pusat (TPPP) PKS.

Sekretaris TPPW PKS Jatim Irwan Setiawan menyampaikan bahwa sampai hari pertama pendaftaran calon pilkada di KPU Daerah seluruh Jatim, PKS telah memberikan rekomendasi kepada 13 pasang calon dimana PKS sebagai pengusung, dan 1 pasang calon dimana PKS sebagai pendukung.

“Sebagian menerima langsung surat rekomendasi tersebut dari Presiden PKS dalam acara Konsolidasi Calon Kepala Daerah PKS di Jakarta pada 4 Januari lalu. Antara lain KH Imam Buchori dari Bangkalan, H. Ahmad Dhafir dari Bondowoso, H. Slamet Junaidi dari Sampang, dan beberapa lainnya,” kata Irwan dalam siaran persnya, Selasa (9/1/2018).

Penyerahan rekomendasi bagi beberapa pasangan lainnya dilaksanakan di Kantor DPW PKS Jatim, dan juga di arena Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) PKS Jatim yang dilaksanakan di Hotel Utami Juanda pada Sabtu, 6 Januari lalu. Salah satu surat rekomendasi yang diserahkan di Rakerwil, yaitu surat rekomendasj kepada Gus Irsyad sebagai Calon Bupati Kabupaten Pasuruan.

“Penyerahan dilaksanakan di hadapan seluruh peserta Rakerwil yang merupakan pengurus DPW dan juga Pengurus DPD PKS dari 38 kabupaten/kota se-Jatim,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Badan Pembentukan Perda DPRD Provinsi Jatim ini.

Ketua Umum DPW PKS Jatim, Arif HS menambahkan PKS akan mendukung secara all-out setiap pasangan calon yang telah direkomendasikan. “Dalam rakerwil, PKS Jatim menargetkan kemenangan di 60% Pilkada.

“Karena itu kami perintahkan kepada DPD-DPD PKS agar secepatnya melakukan pendaftaran calon ke KPUD, dan memulai upaya-upaya memenangkan pasangan calon dengan cara-cara yang barakah,” ujarnya.

Dalam Rakerwil tersebut, juga dilakukan persiapan Pemenangan Pemilu 2019 dimana PKS menargetkan mendapatkan kursi di semua Daerah Pemilihan (Dapil) di Jawa Timur, baik tingkat Pusat yang terdiri dari 11 Dapil, tingkat Provinsi yang terdiri dari 14 Dapil, dan tingkat kabupaten/kota yang kurang lebih ada 196 Dapil.

“PKS menargetkan ada peningkatan capaian dari Pemilu 2014. Kita ingin PKS dirasakan keberadaannya di setiap Dapil melalui kehadiran wakil rakyat di sana. Sehingga harapannya tidak ada satu Dapil pun yang kesulitan menyalurkan aspirasinya karena tak adanya wakil rakyat dari PKS,” jelasnya. (bmw/abi)

Berikut ini selengkapnya daftar pasangan calon Kepala Daerah yang diusung oleh PKS di Jawa Timur:
1. Kabupaten Pasuruan : H. M. Irsyad Yusuf, SE., MMA. dan KH. A. Mujib Imron, SH., MM.
2. Bondowoso : H. Ahmad Dhafir, S. AP. dan Drs. Hidayat, M. Si.
3. Lumajang : H. Rofik, SH., M. Hum. dan Ir. Nurul Huda
4. Kota Malang : H. Mochammad Anton dan H. Syamsul Mahmud, S.E.
5. Tulungagung : H. Margiono dan Eko Prisdianto
6. Magetan : KH. Ir. Miratul Mukminin dan Joko Suyono, S. Sos.
7. Kota Mojokerto : Warsito dan Mulyadi
8. Jombang : Drs.Ec.H. Nyono Suharli Wihandoko dan Drs. M. Subaidi Muchtar, M.Si.
9. Kota Madiun : Ir. Yusuf Rohana dan Bambang Wahyudi, S.T.
10. Kabupaten Madiun : Rio Wing Dinaryhadi, S.T. dan Ir. Sukiman, M. Si.
11. Pamekasan : H. Baddrut Taman, S. Psi. dan Raja’e, S. H.I.
12. Sampang : H. Slamet Junaidi dan Abdullah Hidayat
13. Bangkalan : KH. Imam Buchori, S.H. dan Ir. H. Mundir Rofi’i

Sedangkan calon Kepala Daerah yang didukung PKS adalah:
1. Kota Kediri : Abdullah Abu Bakar, S.E. dan Lilik Muhibbah, S.Sos.I., M.Pd.I

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION