Ini Cara Main Apex Legend di PC Kentang

Portaltiga.com – Sudah tidak bisa ditepis lagi bahwa game dengan konsep battle-royale masih cukung booming dalam kurun waktu belakangan ini. Tidak hanya game baru, melainkan berbagai game yang sudah punya nama juga mengusung mode tersebut atau bahkan membuat versi standalone demi memuaskan hasrat para gamer. Salah satunya adalah Titanfall dengan Apex Legends-nya.

Bisa dibilang Apex Legends adalah salah satu game yang sedang hype di dalam maupun luar negeri. Buktinya, game tersebut berhasil menggaet 10 juta pemain hanya dalam kurun waktu 3 hari perilisannya. Sayangnya, banyak gamer yang menjadikan PC sebagai perangkat gaming utamanya mengalami berbagai kendala, terutama bagi mereka yang masih menggunakan “PC kentang” tapi bersikeras untuk memainkan Apex Legends.

Nah, pada artikel kru KotGa akan memberitahukan nih kepada kamu, beberapa cara agar PC kamu lebih lencar memainkan Apex Legends. Bagaimana caranya? Yuk simak artikelnya!

1. Update driver GPU terbaru

Ketika seseorang ingin merakit sebuah komputer yang dibangun untuk bermain game, pasti hal yang paling sering dipertanyakan bahkan berulang kali dipertanyakan sebelum membeli adalah VGA card alias kartu grafis. Meski kamu memiliki kartu grafis yang terbilang biasa saja, jangan murung terlebih dahulu. Karena dari pihak NVIDIA ataupun AMD pasti akan memberikan yang terbaik kepada pelanggannya.

Untuk optimisasi game Apex Legends, sayangnya baru dari pihak AMD saja pada versi Adrenalin 19.2.1. Untuk NVIDIA sekarang hingga saat ini belum ada driver baru yang khusus untuk optimisasi Apex Legends.

2. Optimisasi untuk pengguna kartu grafis NVIDIA

Tapi tenang aja, untuk pengguna NVIDIA, kru KotGa punya cara jitunya nih:

Buka NVIDIA Control Panel dan arahkan ke Manage 3D Settings

Pilih tab Program Settings dan cari Apex Legends.

Set Maximum pre-rendered frames ke 1

Set Monitor Technology ke G-SYNC / Adaptive Sync

Set Multi-Display/Mixed GPU Acceleration ke Single display performance mode

Set Power Management Mode ke Prefer maximum performance

Set Texture filtering – Quality ke Performance

Matikan Vertical Sync

Nyalakan Threaded Optimization

Set Preferred Refresh Rate ke Highest available

Apply

Setelah itu kamu coba mainkan Apex Legends kembali.

Setidaknya stuttering dan juga framerate drop sudah berkurang dan ada peningkatan FPS walaupun tidak signifikan.

3. Matikan settingan yang tidak perlu

Ya, banyak sekali efek di game yang satu ini, tapi tidak semuanya penting. Apalagi, bagi kamu yang mengincar framerate tinggi dibanding kualitas grafis. Setidaknya kru KotGa merekomendasikan mematikan settingan Volumetric Lighting, Dynamic Spot Shadows, Anti-aliasing, dan juga lupa untuk set “FPS Target” pada angka 60 ya.

4. Gunakan Game Booster

Mungkin, cara yang satu ini dianggap remeh bagi sebagian orang. Kru KotGa pribadi sudah tidak menggunakan aplikasi ini lagi. Tapi dulu ketika masih menggunakan PC pemberian dari orang tua dengan spesifikasi yang ngepas, aplikasi game booster ini sangatlah membantu untuk pengoptimalan penggunaan RAM ketika memainkan game berat.

Cara kerja game booster cukup simple. Game booster akan mematikan aplikasi yang berjalan di background serta mematikan servis yang tidak penting di Windows. Tujuannya? Untuk memfokuskan sistem operasi hanya untuk bermain game saja. Hasilnya, game akan terasa “sedikit” lebih ringan dibanding tidak menggunakan game booster.

5. Aktifkan “High Performance” Pada Power Plan 

Cara yang satu ini mungkin hanya berlaku bagi kamu gamer yang menjadikan laptop sebagai perangkat gaming. Biasanya, secara default sebuah laptop akan mengaktifkan “Power Saver” pada pengaturan power plan demi penggunaan baterai yang lebih irit. Makanya, kebanyakan orang merekomendasikan ketika memainkan game di laptop harus sambil charging. Padahal, tanpa charging juga bisa dan hanya perlu mengaktifkan “High Performance” melalui menu Power Plan di Windows.

Nah, itulah kelima cara untuk memainkan Apex Legends lebih lancar. Meskipun tidak signifikan, setidaknya bisa membantu sedikit optimisasi. Jika masih kurang puas, sepertinya kamu memang harus upgrade PC kentangmu itu (kotakgame)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION