Ini Alasan Kenapa Motor Cross Tak Pakai Pelk Bintang

Portaltiga.com – Tentu kita pernah melihat motor trail yang menggunakan pelk jari-jari atau spoke wheel. Ternyata, penggunaan pelk jenis ini memiliki keunggulan tersendiri jika dibanding dengan pelk bintang atau racing.

Tony BP, penghobi motor ‘garuk tanah’ sekaligus bengkel Indra Jaya Motor spesialis Motor Trail dan Super Moto yang bermarkar di Jl. Raya Bogor Km 34, Cimanggis, Depok, menjelaskan, pelk jari-jari lebih fleksibel dan mampu meredam di jalan yang tidak rata, sehingga sudah paten disematkan pada jenis motor dual purpose.

“Motor cross itu sering dipakai untuk medan ekstrem, batu-batu, jumping, kalai pakai pelk racing itu bisa pecah, kalau pelek jari-jari itu keuntungannya bisa meredam jalan berlubang,” kata Tony seperti dikutip dari detik oto.

Selain lebih tangguh dan kuat dari pelek racing, bobot dari spoke wheel ini juga lebih ringan, tentu hal tersebut dibutuhkan untuk menunjang torsi motor trail.

Namun bila bulatnya pelek sudah tidak merata atau bengkok, keuntungannya masih bisa diperbaiki. Tentu akan menghemat anggaran riders pecinta motor trail.

Seperti yang dikatakan Ade, pecinta motor adventure sekaligus pemilik bengkel AMS, Jl. Siliwangi, Depok, Jawa Barat yang melayani segala jenis motor mulai dari skutik, trail, hingga moge.

“Kalau lagi terabas pasti ada aja kan ngehajar lubang, terkadang sampai bengkok tuh peleknya, gampang benerinnya tinggal di press ulang pakai mesin, kalau ada jari-jarinya yang bengkok kan bisa dibeli eceran,” ungkap Ade kepada Detikoto.

“Tapi kalau sampai patah mah mending beli baru, harganya juga lebih murah kan dari pelek racing,” tambahnya. (dtc/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION