Ini 8 Tahapan Pendaftaran UTBK SBMPTN 2020

Portaltiga.com – Sejak tahun 2019, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) saja atau hasil UTBK ditambah dengan kriteria lain ditetapkan bersama PTN.

Dengan kata lain, siswa yang akan mendaftar perguruan tinggi negeri (PTN) melalui SBMPTN harus mengikuti UTBK terlebih dahulu.

“Oleh karena itu informasi mengenai UTBK menjadi bagian yang tak terpisahkan dari SBMPTN,” tulis laman resmi LTMPT.

Diterangkan lebih lanjut, UTBK merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Sehingga agar bisa mengikuti proses UTBK hingga SMBPTN, siswa perlu membuat akun LTMPT sebagai langkah awal.

Agar siswa tidak terhambat kendala mendaftar UTBK SBMPTN, berikut penjelasan tahapan pendaftaran UTBK 2020 yang perlu diketahui;

Langkah 1: Registrasi akun LTMPT

Setiap siswa yang akan mendaftar SNMPTN, UTBK dan SBMPTN, wajib registrasi LTMPT. Untuk proses registrasi akun UTBK SBMPTN dimulai pada 07 Februari – 05 April 2020 di laman https://portal.ltmpt.ac.id.

Langkah 2: Login

Setelah registrasi akun LTMPT, siswa harus melakukan login menggunakan username atau email dan password ke laman https://portal.ltmpt.ac.id.

Langkah 3: Verifikasi

Pilih menu ‘Verifikasi dan Validasi Data Siswa’. Lalu, isi biodata, unggah pas foto berwarna paling baru dan verifikasi biodata. Pastikan kamu memiliki pas foto berwarna terbaru dalam bentuk digital, ya.

Langkah 4: Pendaftaran UTBK

Setelah data terisi dan terverifikasi, selanjutnya pilih menu ‘Pendaftaran UTBK’. Di menu ini, siswa diminta untuk mengisi lokasi Pusat UTBK PTN, jenis ujian dan sesi ujian untuk mendapatkan slip pembayaran.

Langkah 5: Bayar UTBK

Telah mendapatkan slip pembayaran? Segera lakukan pembayaran UTBK melalui:

Bank Mandiri
Bank BNI
Bank BTN

Pembayaran harus menggunakan slip pembayaran dan dilakukan paling lambat 1×24 jam setelah slip diterima. Sehingga kamu harus segera menuju bank untuk melakukan pembayaran.

Dilansir dari laman resmi LTMPT, besaran biaya UTBK 2020 yakni:

Kelompok ujian Saintek dan Soshum Rp 200.000
Kelompok ujian Campuran besarnya Rp 300.000

Langkah 6: Login ulang dan cetak kartu

Usai menerima bukti pembayaran sukses dari pihak bank, selanjutnya siswa perlu segara lakukan login ulang ke https://portal.ltmpt.ac.id. Lalu pilih menu ‘Pendaftaran UTBK’ untuk mencetak kartu UTBK. Pastikan cetak kartu degan printer berwara.

Agar kartu tidak rusak, masukkan kartu ke dalam plastik gantungan peserta ujian dan simpan di tempat kering.

Langkah 7: Catat jadwal ujian sesuai jadwal

Selanjutnya siswa harus mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang telah dipilih sebelumnya.

Agar tak lupa, baiknya siapkan reminder dari sekarang.

Langkah 8: Siapkan kelengkapan dokumen untuk ujian

Menurut rilis resmi LTMPT, saat ujian peserta juga perlu membawa sejumlah dokumen.

Dokumen yang perlu disiapkan dan dibawa peserta saat ujian UTBK 2020 ialah:

1. Siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2018, 2019 membawa ijazah.

2. Siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2020 membawa Surat Keterangan Identitas Pelajar dari sekolah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah.

Sumber: kompas.com

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »