Ingin Wirausaha Modal Cekak? Ini Kata Tung Desem Waringin 

06/02/2018
37 Views

Portaltiga.com – Sekarang sudah tidak zaman minta uang jajan. Apalagi uang menipis memasuki akhir bulan. Berwirausaha akan jadi alternatif terbaik untuk Anda agar tidak lagi bergantung secara finansial kepada orang lain. Minimal Anda bisa meringankan beban orang tua sekaligus membuka lapangan pekerjaan.

Rasa ingin berbisnis nampaknya sudah menggelora, tapi Anda masih saja galau karena tidak ada modal. Padahal sekarang ini sudah banyak sekali bisnis yang bisa dimulai dari modal hanya Rp 1 juta saja. Penasaran? Intip yuk beberapa bisnis di bawah ini.

1. Kerajinan Tangan
Apakah Anda termasuk ke dalam tipe orang yang kreatif? Jika ya, berarti Anda punya bakat untuk berkarya membuat kerajinan tangan. Sekarang saatnya untuk merasakan kepuasan tersendiri karena bakat Anda tersalurkan, Anda juga bisa dapat uang.

Kerajian makrame contohnya — berbagai jenis kreasi dari kemampuan tali temali– bisa Anda kreasikan untuk membuat berbagai macam bentuk barang, gelang, kalung, gantungan, sampai penghias jendela.

Jika tidak Anda bisa melihat berbagai info DIY pembuatan kreatifitas di youtube yang sudah semakin menjamur saat ini. Modal awalnya tidak sampai Rp1juta lho. Bisa dicoba.

2. Makanan Sehat Pesan Antar
Pernah jadi anak kost? Pasti pernah kan merasakan malas untuk keluar rumah dan tidak bisa memasak atau tidak ada yang memasak juga? Pergunakan kesempatan ini dengan memulai memanfaatkan semua peralatan dapur Anda untuk mendapatkan uang lebih.

Modal Anda sebenarnya adalah alat dapur dan jasa memasak. Sisanya, Anda bisa tawarkan paket sarapan, paket makan siang, atau paket makan malam dengan uang pembayar di awal.

Jangan lupa pilih menu yang enak, bergizi dan menarik ya. Sesekali, Anda bisa tawarkan bonus pancake cantik buatan Anda atau puding sebagai dessert agar pelanggan merasa senang.

3. Jadi MUA (Make Up Artist)
Punya hobi dandan? Sayang kalau hanya untuk sekedar dijadikan hobi saja. Padahal Anda bisa lho memanfaatkan hobi yang satu ini. Target pasar bisnis MUA itu jelas: teman-teman yang mau wisuda, mereka yang mau kondangan, menawarkan diri untuk mendandani acara photoshoot, sampai ikut dalam tim pembuatan film dokumenter yang membutuhkan bantuan tim make up.

Saat klien sudah semakin banyak, Anda bisa menggaet teman-teman yang juga mempunyai keahlian make up untuk bergabung dalam tim MUA yang Anda buat. Mudah, terjangkau, bisa dikerjakan dengan hati, pun selalu dibutuhkan. Kenapa tidak dicoba sekarang?

Itu adalah hal yang perlu Anda tanamkan untuk menjalankan sebagai bisnis awal. Sangat besar kemungkinan Anda untuk mendapatkan pelanggan setiap harinya, lantas apakah Anda menyerah? Mencoba memulai bisnis sejak dini selalu lebih baik dari tidak pernah mencobanya sama sekali dan pada akhirnya terlambat. (dtc/abi)

Leave A Comment