Ingin Umur Panjang, Banyaklah Membaca

Portaltiga.com – Peneliti dari Yale University melakukan penelitian melibatkan 3.635 orang terhadap umur panjang dan kebiasaan membaca.

penelitian pada orang berusia di atas 50 tahun ini menunjukkan, mereka yang hobi membaca rata-rata memiliki usia hidup lebih lama dibandingkan dengan mereka yang tidak suka membaca buku.

Penelitian ini dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu mereka yang tidak pernah membaca buku, mereka yang membaca sekitar 3,5 jam seminggu dan mereka yang membaca lebih dari 3,5 jam seminggu.

Hasilnya, orang yang membaca buku memiliki umur lebih panjang dibanding orang yang tidak membaca buku. Bila dibanding dengan orang-orang yang tidak membaca sama sekali, mereka yang membaca kurang dari 3,5 jam seminggu setidaknya memperpanjang umur 17 persen, sementara mereka yang membaca lebih dari 3,5 jam seminggu memperpanjang umur sekitar 23 persen.

Dalam studi ini, tidak menyebut secara rinci apa alasan orang yang lebih rajin membaca memiliki kemungkinan panjang umur lebih besar.

Walau begitu, studi ini didukung oleh studi lain dari dari University of Sussex yang menyebut bahwa membaca selama 6 menit dapat membantu mengurangi tingkat stres hingga 68 persen. Ditambah lagi, peneliti dari Rush University Medical Center di Chicago mengatakan membaca dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer. (dtc/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION