Ikhlas Usung Jokowi-Ma’ruf, Golkar Tak Ambisi Kursi Kabinet

Portaltiga.com – Ketua DPD Golkar Jawa Timur Zainuddin Amali menyerahkan sepenuhnya penyusunan kursi kabinet kepada Presiden Joko Widodo. Menurut dia, sejak awal, Partai Golkar ikhlas dan tidak ada bargaining posisi menteri dalam Pemilihan Presiden 2019.

“Saya nggak tahu itu (jatah menteri) hak prerogatif presiden. Sebagai pengusung Jokowi-Ma’ruf Amin sejak awal mengusung secara ikhlas,” katanya, Sabtu (25/5/2019) malam.

Meski demikian, kata Zainuddin Amali, partainya selalu siap, seandainya ada kader Golkar yang ditunjuk untuk mengisi posisi menteri di kabinet 2019-2024. Golkar menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi, tentang nama-nama kader yang akan masuk dalam kabinet.

“Kalau ada kader partai Golkar dianggap mampu mengisi posisi yang ada sepenuhnya presiden, bukan partai. Saya kira silahkan saja pasti pak presiden bagaimana,” tegasnya lagi.

Oleh sebab itu pula, Partai Golkar juga tak mempermasalahkan bergabungnya beberapa partai di luar koalisi dalam kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin 2019-2024 mendatang. Menurut dia, peluang Jokowi untuk mengakomodasi partai di luar koalisi memang cukup terbuka. Hal ini untuk menjaga kestabilan politik, terutama dalam mengawal program pemerintahan di parlemen.

“(Soal Demokrat dan PAN), silahkan saja. Presiden punya pertimbangan untuk mengakselerasi kabinet yang akan datang. Selain itu, pertimbangan lainnya tentu tentang konstelasi politik di parlemen,” kata pria yang kini menjadi anggota DPR RI ini.

Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah Jatim 3 Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar ini mengungkapkan belum ada pembicaraan secara intensif soal jatah pembagian kursi tiap parpol. Nantinya, hal ini masih akan dibahas bersama pimpinan masing-masing partai pengusung.

“Kemarin belum ada (pembicaraan), pertemuan partai baru sebatas mengucapkan selamat setelah disahkan hasil rekapitulasi secara nasional. Kami pikir masih ada waktu untuk membahas antar pimpinan partai,” katanya. (abd/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION