HUT Kemerdekaan, Relawan La Nyalla Academia Bersihkan Sampah di Gunung Arjuno

Portaltiga.com – Para relawan La Nyalla Academia mengisi peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-72 dengan berbagai kegiatan positif. Diantaranya melakukan aksi bersih-bersih sampah hingga ke puncak Gunung Arjuno, yang memiliki ketinggian 3.339 meter di atas permukaan laut.

Koordinator Program La Nyalla Academia, Samsurin, mengatakan, sebanyak 22 relawan terlibat dalam aksi peduli lingkungan tersebut. “Kami melaksanakannya pada 17-18 Agustus 2017 lalu,” ujar Samsurin, Selasa (22/8/2017).

Dia menjelaskan, dalam aksi tersebut, para relawan La Nyalla Academia fokus pada pembersihan sampah plastik dan bekas bungkus makanan-minuman yang termasuk sampah non-organik.

“Kami berhasil mengumpulkan kurang-lebih 200 kilogram sampah plastik dan bekas bungkus makanan-minuman. Ratusan kilogram sampah itu kemudian kami buang ke tempat pembuangan sampah untuk diproses sebagaimana mestinya, sehingga tidak mencemari lingkungan Gunung Arjuno,” papar Samsurin.

Dia menjelaskan, kegiatan peduli lingkungan ini adalah agenda rutin La Nyalla Academia. Selain bersih gunung, para relawan lembaga yang didirikan Ketua Umum Kadin Jatim La Nyalla Mahmud Mattalitti itu juga kerap melakukan aksi bersih-bersih pantai.

Sebagai contoh, pada peringatan Hari Bumi 22 April lalu, La Nyalla Academia berhasil menuntaskan aksi pungut sampah di sepanjang jalur pendakian Gunung Lawu, Magetan, Jawa Timur. Para relawan juga melakukan aksi bersih pantai di Kabupaten Pacitan, Malang, dan sejumlah kabupaten lain.

“Misi bersih -bersih kawasan memang menjadi program lingkungan hidup La nyalla Academia bekerja sama dengan para pecinta alam dari beberapa universitas dan kelompok pendaki di Jawa Timur,” ujar Samsurin.

Sementara itu, La Nyalla Mahmud Mattalitti mengatakan, dirinya berterima kasih kepada semua relawan yang telah ikut berpartisipasi dalam misi lingkungan hidup ini.

“Kita harus bersama-sama menjaga lingkungan. Kesadaran ini harus ditanamkan, terutama ke generasi muda. La Nyalla Academia menjalankan berbagai kegiatan peduli lingkungan untuk menanamkan rasa cinta lingkungan tersebut,” kata La Nyalla yang juga Ketua Umum Kadin Jatim. (ars/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »