portaltiga.com
Headline Kabar Kita

Hunting Akbar Macro Nusantara 2020 Siap Digelar

Portaltiga.com – Desember adalah bulan macro photographer seluruh Nusantara. Bulan Hunting Akbar Macro Nusantara (HAMN) dan lomba foto makro setiap tahunnya.

Masa pandemi yang berkepanjangan tahun 2020 tidak menyurutkan langkah dalam kebersamaan perayaan tahunan dengan menggelar event
HAMN ke-8.

Kegiatannya dilakukan dengan tetap menghormati serta menyesuaikan kondisi new normal serta mematuhi protokol kesehatan.

Salawati Taher selaku ketua panitia pusat HAMN 2020 menyampaikan diantara anggota saling menyemangati dalam berkarya untuk menunjukkan bahwa tetap semangat, optimis, penuh daya juang. Agenda tahun ini mengusung tema besar “Survive”.

“HAMN 2020 diikuti oleh 78 koordinator eilayah dari 3 negara, yaitu Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. Signifikansi meningkatnya Koordinator Wilayah dari 60 Korwil tahun 2019 menunjukkan bahwa macro photography di Nusantara meningkat, semesta dan dicintai oleh banyak kalangan,” tambah Sala saat hadir siaran di studio Pro2 RRI Surabaya, Sabtu (5/12/2020).

Sementara itu Kafu Lugianto Putra ketua korwil Macro Su-Si (Surabaya-Sidoarjo ) menekankan bahwa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena Pandemi Covid-19, HAMN yang biasa dilakukan serempak hunting akbar pada hari H di seluruh wilayah untuk lomba, tahun ini menjadi berbeda karena kita menyesuaikan situasi pandemi.

“Teknisnya kita akan merayakan HAMN dengan didahului lomba foto terlebih dahulu yg akan dibuka sejak tanggal 1 hingga18 Desember 2020 dan ditutup dengan seremonial hari-H serempak online yaitu tanggal 19 Desember 2020,” ucap pria berambut gondrong ini.

Masa waktu untuk hunting foto lomba menjadi lebih panjang. Namun tidak dianjurkan untuk dilakukan hunting bersama di masing-masing koordinator wilayah. Peserta harus terdaftar dahulu dalam listing peserta/ absen peserta pada korwilnya paling lambat tanggal 7 Desember 2020.

Masing- masing peserta boleh hunting di wilayahnya dengan tetap mengikuti setting tanggal kamera DSLR/Mirrorless/handphone yang telah ditentukan panitia. Yaitu tanggal data exif foto dengan rentang 7 Desember 2021 sampai dengan 24 Desember 2021. Hasil hunting foto macro sejak tanggal 1-18 Desember 2020 paling lambat dikumpulkan dan disubmit pada tanggal 18 Desember 2020. Dengan memperhatikan ketentuan lomba dan menggunakan taggar resmi yang telah ditentukan.

Sala juga menjelaskan masing-masing peserta maksimal mengirim 3 (tiga) foto dalam setiap kategori foto mac
kro yang dilombakan, yaitu macro nature, macro stage, macro extreme, macro art, dan macro still life. (pur/abi)