HOS Gelar Pemeran Lukis Equilibrium

Portaltiga.com – Kembali House of Sampoerna(HOS) menggelar pameran lukisan dari para perupa Jatim Timur, dengan tagline “Equilibrium” yang berarti keseimbangan.

Pameran 25 karya dari 4 perupa sekaligus, antara lain Agus Salim, Catur Hengki Koeswoyo, Edie Supriyanto dan Zainul Qusta. Karya-karya mereka dilaunching pada hari Rabu (16/1/2019), bertempat di galeri Paviliun HOS jl Taman Sampoerna 6 Surabaya.

Dari keempat pelukis yang di tampilkan mempunyai ciri khas tersendiri dalam menggores kanvas. Seperti Catur Hengki Koeworo mencoba menangkap fenomena sosial yang terjadi di Indonesia dengan ciri khas ornamen wayang dan part mobil klasik.

Beda lagi dengan Agus Salim, lukisan mempunyai titik temu antara manusia dan alam, Zainul Qusta lebih ke arah abstrak yang memvisualisasikan dalam wujud tak berbentuk dengan bahasa ambigu dan lain lagi untuk Edie Supriyanto yang membungkus Indonesia dengan filosofi yang khas.

“Tujuan pameran ini non komersil, HOS menjembatani karya-karya perupa Jawa Timur untuk dikenal khalayak luas. Ini sumbangsih HOS sejak berdiri selain keberadaan Museum,” jelas Rani Anggraini, Manager House Of Sampoerna.

Ia mengajak perupa lainnya untuk ikut bagian pada pameran berikutnya. HOS melakukan 12 kali pameran selama setahun dan free untuk masyarakat umum.

Untuk bisa memamerkan hasil karyanya di HOS, perupa harus melewati kurasi yang dilakukan pihak HOS. “Karya pelukis yang ditampilkan harus ada aspek edukatif, bukan hanya sekedar memajang karya dan mengekplorasi ide sinema tapi mampu membuat pengunjung menafsirkan arti maknawi dalam tiap pikiran tersebut,” tambah Athian, kurator pada pameran Equilibrium ini.

Pameran ini dibuka untuk umum mulai dari tanggal 18 Januati-9 Februari 2019 di galeri Paviliun disamping museum HOS. Tidak dipungut biaya apapun untuk melihat karya 4 pelukis Jawa Timur tersebut. (fey/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION