Hobi Blusukan Hutan, Cak Ilyas Dapat Rejeki. Apa Itu?

Portaltiga.com – Cak Ilyas pemuda asal Jawa Timur, sejak muda sudah suka mendaki dan menjelajah belantara yang ada di Indonesia. Kegiatan itu masih ia jalani sampai kini. Bahkan ia mendapat rejeki dari kegemarannya blusukan hutan, apa itu?

Cak Ilyas dipercaya untuk bergabung menjadi tim survei beberapa perusahaan pertambangan lokal dan asing sejak tahun 2003.  Banyak lokasi tambang yang tersebar di beberapa daerah pegunungan dan hutan di Indonesia, telah ia jelajahi.

“Alhamdulillah sekarang kerjaan ndak jauh dari hobi blusukan hutan, saya ikut dalam tim survei emas dari perusahaan asing yang ada di Indonesia sekarang,” ucap Cak Ilyas saat bertemu dengan Portaltiga.com di Sumatera Utara, Senin (26/3/2018).

Alasan Cak Ilyas menerima pekerjaan menjadi tim survei ini bukan semata-mata karena gaji. Ia penasaran dan ingin secara langsung melihat potensi alam yang terkandung di dalam bumi Indonesia.

Tak jarang ia harus menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk blusukan dan meninggal keluarga tercinta. Biasanya paling lama ia memakan waktu 6-9 bulan di dalam hutan dan menelusuri beberapa jalur yang ada serta mengecek batuan dan tanah liat untuk dilihat kadar kandungan yang ada di dalammya.

Berdasarkan hasil dari penelusuran dan surveinya, sebagian besar lokasi tambang di surveinya memiliki banyak unsur kandungan yang sangat tinggi terutama unsur logam.

“Kalo saya lihat di beberapa lokasi survei saya dari Timor Timur sampai Sumatera banyak kandungan alam yang sangat tinggi, apa lagi unsur logam seperti emas dan perak,” terangnya.

Selain itu, lanjut Cak Ilyas, apabila potensi tersebut diolah oleh masyarakat sekitar bisa membuka lapangan pekerjaan. Ditambah lagi dapat memberi kesejahteraan secara merata di daerah tersebut. (doy/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION