portaltiga.com
Intermezzo

Hindari Mal Praktek Klinik Asing, DPRD Jatim Dorong Dinas Kesehatan Rutin Sidak

Ketua Komisi E DPRD Jatim dr. Agung Mulyono

Hindari Mal Praktek Klinik Asing, DPRD Jatim Dorong Dinas Kesehatan Rutin Sidak

Portaltiga.com: Ketua Komisi E DPRD Jatim dr. Agung Mulyono mendesak Dinas Kesehatan Jatim untuk sesering mungkin melakukan sidak ke daerah dalam penegakan perda jaminan kesehatan di Jatim terlebih dalam penertiban klinik asing di Jatim. “Ingat sebentar lagi memasuki MEA sehingga semuanya bebas berdiri di Indonesia salah satunya di Jatim. Jangan sampai ada klinik asing untuk penyembuhan yang tanpa ada pantauan dari Dinas Kesehatan Jatim. Ini menyangkut nyawa manusia jika terjadi mall praktek yang dilakukan klinik asing tersebut,”ungkapnya di kantornya, Rabu (13/1).

Politisi asal Banyuwangi ini mencontohkan kasus mall praktek proses penyembuhan terapi chiropractic di sebuah klinik di
Pondok Indah Jaksel yang menewaskan putri dari pejabat BUMN Allya Siska Nadya (33).”Itu karena mall praktek yang dilakukan oleh klinik asing. Jangan sampai hal itu terjadi di Jatim dengan munculnya klinik asing yang lepas pantauan dari Dinas Kesehatan Jatim. Sidak juga merupakan bagian dari penegakan perda Jaminan Kesehatan di Jatim dan yang utama dinas kesehatan juga harus selektif dalam perijinan klinik asing di Jatim,”jelas politisi asal Partai Demokrat ini.

Sekedar diketahui, beberapa hari terakhir masyarakat dikabarkan tewasnya Allya Siska Nadya, putri dari mantan pejabat BUMN ini saat
menjalani terapi chiropractic yang dilakukan di sebuah klinik di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Kematian tragis putri mantan Vice President Communication PT PLN Persero Alfian Helmy Hasjim itu pun menyedot perhatian publik. Dugaan malapraktik itu bahkan berbuntut dengan penyegelan beberapa klinik chiropractic di Jakarta.(Cicik)