Hendak Naik Pangkat, Ratusan Prajurit Korem Ikuti Tes Kesamaptaan

Portaltiga.com – Tak semudah membalikkan telapak tangan. Ternyata, sebelum dinyatakan resmi menyandang pangkat baru, para prajurit TNI harus melewati beberapa proses seleksi yang sangat ketat. Selain mental, para prajurit tersebut, juga harus melewati tes fisik.

Seperti yang berlangsung di Korem 084/Bhaskara Jaya saat ini, Rabu, 29 Agustus 2018. Sebelum menyandang pangkat baru, sebanyak ratusan prajurit Korem diwajibkan untuk mampu melewati tes kesamaptaan dan jasmani yang berlangsung di halaman Makorem.

Tak tanggung-tanggung, sebelum dinyatakan layak mengikuti tes kesamaptaan, para prajurit tersebut, juga diwajibkan untuk mengikuti apel pengecekan terlebih dahulu.

“Dari apel pengecekan itu, kita bisa melihat kondisi kesehatan para peserta. Kalau kondisi kesehatannya kurang fit, ya otomatis kita tahan. Tidak kami perbolehkan mengikuti tes ini,” kata Kepala Jasmani Korem, Kapten Inf Ngatari.

Ngatari menambahkan, terdapat beberapa materi tes yang harus dilewati oleh para peserta yang mengikuti tes uji kenaikan pangkat saat ini. Selain lari sejauh 3.200 meter, Kajasrem 084/Bhaskara Jaya itu, juga menyediakan materi uji berupa Pull Up, Sutle Run, Push Up, Sit up dan renang militer.

“Semua materi harus bisa diselesaikan dengan baik. Kalau tidak, ya kita nyatakan tidak lulus tes uji tahun ini,” tegasnya. (pendam v/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION