Heboh Dentuman di Langit Bandung, Ini Kata BMKG

Portaltiga.com – Masyarakat di wilayah Bandung mendengar suara dentuman misterius pada Kamis (21/5/2020). Suara dentuman tersebut ditanyakan oleh pemilik akun Twitter@MurizRizky kepada akun Twitter @PRFMNews pada 21 Mei 2020 pukul 08.05 WIB.

Melihat laporan tersebut, banyak netizen di wilayah Bandung pun yang mengaku mendengar suara dentuman tersebut bahkan mendengarnya berkali-kali.

Pemilik akun Twitter @SeiyaAndeomeda yang mengaku berada di wilayah Arcamanik, Bandung ini menuliskan bahwa dirinya mendengar dentuman hingga empat kali. “Saya denger min, 08:35 4x dentuman seperti detak jantung manusia tapi di langit, dan 08:50 barusan beberapa kali. Lokasi Arcamanik,” tulisnya.

Netizen yang berada di Cibiru pun mengaku mendengar suara dentuman tersebut. “Saya daerah Cibiru juga denger, suaranya berkali-kali,” tulis pemilik akun @gantinipd.

BACA JUGA: Belasan Kambing Mati dengan Bekas Gigitan Misterius

Adanya variasi jumlah dentuman yang disebutkan oleh netizen, suara misterius ini disebut berlangsung selama beberapa menit. “Dentumannya 4 sampe 5 kali terus ilang terus muncul lagi selang beberapa menit,” tulis pemilik akun Twitter @sssugeng_dan.

Ada juga netizen yang mengaku mendengar suara seperti pesawat yang sedang melintas. “Yang kaya suara pesawat bukan? Soalnya kalau di Simpang Dago suara pesawat tuh kecil kedengerannya karena jarak jauh. Ini mah kaya yang deket banget,” tulis pemilik akun @puspiyaaa2312.

Sementara itu, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Bandung Tony Agus Wijaya mengatakan, hingga pukul 10.00 WIB tidak ada faktor cuaca dan kegempaan yang dapat menyebabkan munculnya suara dentuman berulang tersebut.

BACA JUGA: Aneh, Pria Ini Menikahi Boneka Barbie

“Dari analisa faktor gempa, cuaca dan petir, hari ini di sekitar Bandung tidak ada kejadian gempa bumi sejak pukul 00.00 hingga pukul 10.00,” ungkapnya, seperti dikutip Ayobandung. Cuaca di area Bandung Raya pun sejak pagi hari hingga pukul 10.00 terpantau cerah dan berawan. Tidak terjadi hujan ataupun petir.

“Tidak ada kejadian petir di Bandung Raya antara pukul 8.30 hingga pukul 10.00,” jelasnya. “Hanya Ada 1 petir di Yogyakarta, terekam oleh alat di Lembang,” lanjutnya.

Sehingga, Tony mengatakan penyebab suara dentuman tersebut perlu dianalisis dari faktor lain. Sejauh ini, tidak ada faktor cuaca, gempa, ataupun petir yang terjadi di Bandung Raya yang dapat menjelaskan suara tersebut. “Perlu dianalisis penyebab sumber suara dari faktor selain gempa, cuaca, dan petir,” ungkapnya. (abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »