Hasto Datang, Rekom PDI Perjuangan untuk Pilwali Surabaya Masih Rahasia

Portaltiga.com – Sekretaris DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto dayang ke Jawa Timur. Namun tetap saja belum ada kepastian mengumumkan lima rekom pasangan calon di Jatim, termasuk untuk Pilwali Surabaya.

Selain Surabaya, dari 19 kabupaten/kota di Jatim yang menyelenggarakan Pilkada serentak, ada juga empat daerah yang rekom dari DPP PDIP belum turun. Diantaranya Pacitan, Sidoarjo, Situbondo, dan Jember

Hasto mengaku kedatangan ke Jatim merupakan perintah ketua umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri untuk melakukan konsolidasi. Hasto ditemani oleh Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat, Wakil Sekjen DPP Arif Wibowo, Wakil walikota yang juga bakal calon walikota Surabaya, Wisnu Sakti Buana.

Menariknya, kedatangan Hasto ke Jatim dikawal oleh Walikota Surabaya yang juga ketua DPP Bidang Kebudayaan PDIP, Tri Rismaharini. Dalam Pilkada ini Risma menjagokan Kepala Bappeko Surabaya Eri Cahyadi sebagai calon walikota.

“Kami ditugaskan oleh bu Megawati Soekarnoputri ada Pak Jarot, Pak Arif, saya untuk melakukan persiapan-persiapan terhadap seluruh tahapan pilkada serentak,” ujar Hasto saat mendatangi kantor DPD PDIP Jatim, Minggu (30/8/2020).

Hasto menilai konsolidasi merupakan hal yang sangat penting. Apalagi Jatim merupakan basis PDIP Perjuangan. Pemilu sebelumnya PDIP dipercaya oleh rakyat untuk memenangkan pemilihan legistlatif untuk pertama kalinya, sehingga ketua DPRD dipegang oleh kader partai berlambang banteng moncong putih.

“Disini ada Surabaya ada Pacitan, dua-duanya kami konsolidasikan. Tentu saja ada daerah-daerah lain yang menjadi basis, seperti Kabupaten dan Kota Blitar, Ngawi, Kediri itu merupakan daerah-daerah yang dimantapkan, termasuk Sumenep,” tuturnya.

Terkait rekom lima Pilkada di Jatim, Hasto menegaskan, bahwa dalam pengumuman secara virtual Sabtu 29 Agustus kemarin, Ketua DPP PDIP Bidang Politik Puan Maharani sudah mengambil keputusan. Hal itu dengan menunjukkan amplop coklat yang dipegang oleh Puan. Maka, kali ini dirinya melakukan konsolidasi di Jatim.

“Kemarin Mbak Puan sudah menunjukkan, bahwa keputusan sudah diambil untuk melakukan langkah-langkah konsolidasi di Jatim. setelah Mbak Puan menunjukkan amplop tersebut, kami lakukan itu perintah ketua umum,” terangnya.

hasto kembali menjelaskan, bahwa rekom belum diumumkan hari ini. Pengumuman rekom menunggu momen yang tepat melalui protokol kepartaian terbaik.

Hasto enggan membocorkan kepastian waktu pengumuman rekom lima daerah. Mengingat pendaftaran ke KPU kurang beberapa hari lagi yakni 4 September mendatang.

“Belim. Tidak sembarangan, itu butuh momentum yang tepat untuk melalui protokol kepartaian terbaik. Karena yang kami persiapkan adalah calon-calon pemimpin,” pungkas Hasto. (ars/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »