Hasil Survei Isyaratkan Tanda Kemenangan Gus Ipul-Puti

Portaltiga.com – Melihat hasil survei yang bermunculan mendekati Pilkada Jatim, 27 Juni 2018, Ketua Tim Internal PDI Perjuangan, Ahmad Basarah, makin optimis Calon Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno akan tampil sebagai pemenang.

Dalam pernyataannya, Basarah menyebut ada dua tanda kemenangan Gus Ipul-Puti dilihat dari sejumlah survei yang beredar. Saat ini beredar survei yang secara konsisten memprediksi kemenangan masing-masing kandidat.

“Ada survei menyebut Gus Ipul unggul, ada pula yang menebak Khofifah unggul. Tapi dari semua survei itu, kita bisa menarik dua kesimpulan penting yang menunjukkan tanda-tanda kemenangan Gus Ipul dan Mbak Puti,” katanya, Jumat (1/6/2018).

Kesimpulan pertama, menurut Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan itu, pada survei-survei yang mengunggulkan Gus Ipul-Puti, hasil mereka konsisten sejak Januari sampai akhir Mei kemarin. Mulai Indobarometer, Pollmark, Charta Politica dan Laboratorium Kebijakan Publik Perencanaan Pembangunan (LKP3) Universitas Brawijaya.

“Survei terakhir Pusat Kajian Pembangunan dan Pengelolaan Konflik (Puspek) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya yang menunjukkan Gus Ipul-Puti tetap konsisten mengungguli Khofifah-Emil. Ini akan kita pertahankan,” ungkapnya.

Kesimpulan kedua, lanjutnya, dari sisi survei yang memenangkan Khofifah. Data menyebutkan selisih antara Khofifah dan Gus Ipul terlihat tipis. Bahkan survei terbaru Litbang Kompas, selisihnya di bawah margin error survei yang dipatok 3,4 persen.

“Dari hasil survei itu, Kompas akhirnya tidak berani menyimpulkan siapa pemenang saat ini. Artinya, pasangan Gus Ipul-Puti dari bulan ke bulan semakin menunjukkan pergerakan peningkatan dukungan yang positif,” ujarnya.

Dia meminta seluruh kader partai dan relawan Gus Ipul-Puti untuk tidak terpengaruh propaganda negatif pihak lain, karena faktanya Gus Ipul-Puti berjalan konsisten di track kemenangan.

“Propaganda itu hanya bentuk kecemasan mereka. Misal, mengklaim, hanya kecurangan yang bisa mengalahkan kami. Ini sungguh klaim yang takabur, yang lahir dari hati yang cemas,” ucapnya.

Menjelang coblosan Pilkada Jatim ini, DPP PDIP menginstruksikan seluruh jajaran partainya untuk terus bekerja keras. Terus mencari suara sebanyak-banyaknya untuk Gus Ipul-Puti.

“Kepada seluruh jajaran PDI Perjuangan: tetap fokus pada pembagian tugas, dengan mengamankan teritori masing-masing. Pertarungan berlangsung sampai akhir. Hanya satu fokusnya: menang!,” katanya. (bmw/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION