Hari Jadi Lamongan Ke-449, Pemkab Lamongan Siapkan 15 Ribu Porsi Nasi Boranan Gratis

Portaltiga.com – Puluhan ribu porsi sego boranan akan dibagikan gratis kepada masyarakat dalam rangka memperingati hari jadi Lamongan ke-449 di Alun-Alun Lamongan, Sabtu (26/5/2018) sore.

Pemkab Lamongan telah mempersiapkan setidaknya 150 pedagang sego boranan dalam agenda tersebut. setiap pedagang diminta menyiapkan 100 porsi sajian.Jadi nantinya akan disediakan sekitar 15.000 porsi sego boranan yang akan dibagikan sebagai menu buka puasa alias takjil

“Ini juga sebagai bagian dari upaya Pemkab Lamongan untuk bisa melestarikan serta mempopulerkan sajian khas daerah. Karena selain soto Lamongan, sego boranan juga asli Lamongan,” ujar Kepala Bagian Humas Pemkab Lamongan Agus Hendrawan, Sabtu (26/5/2018).

Berbeda dengan soto Lamongan yang sudah dikenal masyarakat luas, sego boranan masih belum terlalu dikenal orang. Padahal, sego boranan memiliki keunikan. Selain sudah dijual berpuluh-puluh tahun, kuliner ini juga hanya dijual di Lamongan.

Selain itu, sego tersebut hanya dibuat oleh warga di Desa Sumberejo, Kecamatan Lamongan Kota, Lamongan.

“Meski sudah ada beberapa penjual yang mulai menjajakan keluar Lamongan, namun masih sebatas di beberapa kota tetangga sehingga sego boranan tidak begitu terkenal seperti halnya soto Lamongan,” ujar dia.

Sementara itu, Bupati Lamongan Fadeli mengatakan, pihaknya sengaja ingin memperkenalkan sego boranan kepada masyarakat luas. Dengan demikian, selain soto Lamongan, sego boranan juga semakin dikenal sebagai kuliner khas dari Lamongan.

“Kemarin juga banyak warga Lamongan di perantauan yang sudah menghubungi, bahkan yang di luar negeri. Mereka rindu dan ingin menikmati sego boranan, makanya dibuatlah Festival Sego Boranan,” ucap Fadeli. (ksc/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »