portaltiga.com
Headline Umum

Harga Minyak Bangkit Menguat

Portaltiga.com – Harga minyak berbalik bangkit menguat pada akhir perdagangan Kamis (14/10/2021) waktu AS atau Jumat (15/10) pagi WIB.

Mengutip Antara, Jumat (15/10) harga minyak mentah berjangka jenis Brent untuk pengiriman Desember menguat 82 sen atau 1 persen ke level US$84 per barel.

Itu merupakan harga tertinggi sejak Oktober 2018. Sementara untuk minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman November, harga menguat 87 sen ke level US$81,31 per barel.

Analis menyebut penguatan harga itu terjadi setelah produsen minyak utama Arab Saudi menolak seruan OPEC+ untuk menambah pasokan. Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan kenaikan juga dipicu lonjakan harga gas alam akibat krisis energi di sejumlah negara belakangan ini.

Baca Juga: Aksi Investor Ambil Untung Tekan Harga Minyak

Kenaikan telah mendorong permintaan minyak sehingga harganya bisa menguat. IEA menyebut permintaan minyak akan meningkat setengah juta barel per hari (bph) karena kenaikan harga gas alam tersebut.

Karena proyeksi itu, IEA dalam laporan bulanannya meningkatkan perkiraan pertumbuhan permintaan minyak global pada 2022 sebesar 210 ribu barel per hari.

Dengan peningkatan itu, mereka menyebut total permintaan minyak pada 2022 mencapai 99,6 juta barel per hari, sedikit di atas tingkat pra-pandemi.

“Pasar secara fundamental ketat. Semua jenis tuas kebijakan yang mencoba mengerem sentimen pasar minyak adalah hal yang tidak terduga,” kata Mike Tran, direktur pelaksana strategi energi global di RBC Capital Markets.

Para analis menyebut sentimen-sentimen itu telah membuat pasar mengabaikan isu peningkatan persediaan minyak mentah AS. Padahal, stok minyak mentah AS secara mengejutkan naik 6 juta barel, lebih tinggi dari perkiraan analis yang memperkirakan kenaikan 702 ribu barel.

Di tengah kenaikan pasokan itu, produksi minyak AS juga naik tipis menjadi 11,4 juta barel per hari. (cnn/abi)

Related posts

Revisi Data Pasien Covid 19 Kedung Turi Dikritik Anggota Dewan

admin

Komisi B DPRD Surabaya Dorong Pemkot Perbanyak Sentra Ekonomi Baru

admin

Aksi Investor Ambil Untung Tekan Harga Minyak

admin