portaltiga.com
Headline Umum

Hadiri Wayangan HUT ke-55 Golkar, Ini Pesan Menpora Kepada Pemuda Milenial

Portaltiga.com – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menghadiri seni wayang kulit di halaman gedung DPRD Jatim dalam rangkaian perayaan HUT ke-55 Partai Golkar, Sabtu (23/11/2019) malam.

Gelaran wayang ini menampilkan dalang Ki Soenarjo (Ketua Dewan Kehormatan Golkar Jatim) dengan mengambil lakon Wahyu Katentraman.

Beberapa pejabat pun tampak menghadiri gelaran seni wayang kulit ini. Seperti Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wakilnya Emil Elestianto Dardak dengan didampingi Sekretaris DPD Golkar Jatim, Sahat Tua Simanjuntak, dan sejumlah pengurus DPD Golkar Jatim lainnya. Hadir pula Ketua DPRD Jatim, Kusnadi dan juga Wakil Ketua DPRD Jatim, Anwar Sadad bersama ratusan warga masyarakat.

Menpora Zainudin Amali pun mendapatkan penyematan tanda penghargaan Partai Golkar atas komitmennya dalam membesarkan partai berlambang pohon beringin ini.

Zainudin Amali juga berpesan kepada para pemuda untuk terus menjaga dan mempertahankan warisan asli bangsa Indonesia ini, yakni wayang kulit. “Para pemuda milenial harus terus menjaga dan mempertahankan warisan bangsa Indonesia,” katanya dalam sambutan.

Menurut dia, wayang kulit ini adalah satu tradisi yang baik. Disamping itu juga adalah kesenian tradisional yang harus dipagelarkan secara terus menerus. “Agar supaya orang tidak lupa akan budaya warisan, termasuk anak-anak muda milenial,” jelas ZA sapaan akrabnya.

ZA yang juga Plt Ketua DPD Golkar Jatim ini membeberkan bahwa menggali budaya adalah suatu perbuatan yang sangat luar biasa. Setiap kalimat yang dikeluarkan dari dalang ada nasehat-nasehatnya. “Jadi, kami meminta kepada kita semua supaya kita belajar dari kejadian sejarah yang lalu,” imbuhnya.

Ia menilai bahwa Dalang Ki Soenarjo adalah dalang yang berani memodifikasi wayang kulit agar semakin digemari para pemuda. Meski demikian, tidak merubah pakem-pakem yang ada dalam ceritra pewayangan.

“Pak naryo (Ki Soenarjo) ini adalah dalang yang berani memodifikasi tapi pakemnnya tetap terjaga. Karena sekarang ini anak milenial jauh dari situ (seni perwayangan), jadi harus ada modifikasi agar semakin disukai anak-anak muda,” katanya.

Di usianya yang ke-55 Partai Golkar, ZA berpesan agar Golkar semakin dewasa dan menjadi pelopor semangat kebersamaan di Jatim.

”Sebab, Jatim harus guyub dan rukun. Sebab, dengan tanpa guyub dan rukun, sulit rasanya pembangunan bisa dilakukan optimal,” katanya.

”Kebersamaan yang telah dirajut antar Anggota Fraksi harus dilanutkan di masa mendatang,” lanjut mantan Ketua Komisi II DPR RI ini.

Di sisi lain, Gubernur Jatim, Khofifah pun menyambut baik semangat kebersamaan Fraksi Golkar. ”Terimakasih atas kebersamaannya. Dengan kebersamaan ini, InshaAllah percepatan pembangunan bisa semakin cepat. Selamat Ulang Tahun Partai Golkar,” ujar Khofifah pada sambutannya.

Pada gelaran wayang kulit kali ini, panitia juga menyediakan bazar yang menjual berbagai produk dari organisasi sayap Partai Golkar. Tak hanya itu, acara ini juga diisi dengan penyerahan lencana dan piagam penghargaan kepada 15 tokoh Partai Golkar di Jawa Timur.

“Pemberian tanda penghargaan kepada tokoh senior Partai Golkar merupakan penghargaan kepada mereka yang telah berjuang demi kejayaan Partai Golkar. Kejayaan Golkar saat ini tak kan pernah ada tanpa perjuangan para pendahu,” kata Yudha pada sambutannya.

Bukan hanya kali ini, gelaran serupa juga telah dilakukan oleh Golkar Jatim di tahun 2018.
“Kalau tahun sebelumnya, merupakan iktiar Golkar dalam menghadapi pemilu 2019,” kata Yudha.

“Sedangkan gelaran tahun ini menjadi bentuk syukur, Golkar berhasil mempertahankan lima besar di DPRD Jatim dan sukses memenangkan pemilihan presiden,” kata Yudha yang juga Anggota DPRD Jatim ini.

Bagi ribuan kader Golkar yang hadir, panitia juga menyediakan sejumlah hadiah menarik termasuk grand prize satu unit Sepada Motor.

Panitia menyediakan 55 door prize yang terdiri dari Sepeda motor, sepeda gunung, TV LED dan lain sebagainya untuk dibawa pulang para penonton yang beruntung. Untuk penonton dan anak-anak muda yang datang, panitia juga menyediakan 1.001 cangkir kopi gratis. (wan/abi)

Related posts

Emil Dardak Siap Bantu Golkar Raih Target Pileg 2019

admin

Gelar Tasyakuran HUT Ke-54, DPD Golkar Surabaya Harap Bisa Berbuat Banyak Untuk Masyarakat

admin