Hadapi PON Jabar, Terbang Layang Jatim Try Out Ke Subang

Portaltiga.com: Cabang olahraga (cabor) terbang layang Jatim benar-benar ingin mengukir prestasi gemilang di PON XIX/2016, Jabar. Keinginan itu ditunjukkan dengan program try out ke tempat digelarnya PON Jabar, yakni Subang, sebanyak dua kali. Try out itu akan digelar di Lapangan Udara (Lanud) Suryadarma Kalijati.

“Rencana try out itu akan digelar dua kali, yakni pada akhir Maret nanti dan pada Agustus mendatang. Tak hanya sekadar menyesuaikan kondisi disana, namun juga mengintip kekuatan daerah lain,” kata pelatih kepala terbang layang Jatim, Wahyanto kepada wartawan di Surabaya, Kamis (14/1).

Dalam PON Jabar tahun ini, terbang layang dibebani target dua emas oleh KOPNI Jatim. Target tersebut, mengacu hasil yang diukir pada Pra PON kemarin. Dimana, Jatim mampu menyabet tiga emas, dua perak, dan empat perunggu.

“Yang di Pra PON melebihi target satu emas. Adapun peluang dua emas di PON akan kami dapatkan di nomor ketepatan mendarat putra dan duration flight putra,” ujarnya.

Secara rinci, Wahyanto menjelaskan try out pertama direncanakan akan digelar di Subang selama seminggu. Sedangkan pada try out kedua juga digelar di Subang pada Agustus. “Dari Subang, kita langsung turun di PON pada 9 September mendatang,” ucapnya.

Selama ini, 8 atlet terbayang layang Jatim, berlatih intensif di Lanud Abdurahman Saleh Malang. Namun, karena ingin menyesuaikan diri dengan kondisi di Subang, pihaknya memilih dua kali untuk try out. “Kami butuh penyesuaian cuaca di Subang. Kondisi cuaca benar-benar berpengaruh penting untuk terbang layang,” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, rencana try out ke Subang, juga dimanfaatkan Jatim untuk mengintip kekuatan daerah lain. Sebab, ada tiga daerah yang sudah berlatih di Subang, yakni Jabar, DKI Jakarta dan Papua. “DKI Jakarta adalah pesaing terberat kami. Kami diuntungkan, karena bisa tahu kekuatan mereka saat berlatih di Subang,” tandasnya. (Bmw)

JOIN THE DISCUSSION