portaltiga.com
Headline Umum

H-1 Persiapan KPU Surabaya Menghadapi Coblosan Capai 99 Persen

Portaltiga.com – Persiapan KPU Kota Surabaya menghadapi hari H pemungutan suara pada tanggal 9 Desember 2020 sudah mencapai 99 persen. Pengiriman logistik, misalnya, tinggal digeser ke kelurahan dan TPS. Pihaknya pun optimistis semua tahapan tersebut sudah sesuai dengan perencanaan. Sejauh ini, jelas dia, berbagai kebutuhan yang dikirim dari pihak rekanan sudah tuntas. Termasuk alat pelindung diri (APD) serta alat kesehatan (alkes).
Ketua KPU Kota Surabaya Nur Syamsi menyatakan, semua pengadaan APD dan alkes untuk mendukung pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) sudah siap. Di antaranya berupa masker, face shield, hand sanitizer, cairan disinfektan, tisu, dan sarung tangan. Berbagai kebutuhan untuk mencegah timbulnya klaster baru Covid-19 di area TPS sudah didistribusikan ke kecamatan. Bahkan, sebagian PPK sudah mengirim APD dan alkes ke tingkat PPS di kelurahan.

Di tingkat Panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) penghitungan jumlah surat suara yang sudah disortir dan kemudian dibungkus rapi dengan menggunakan plastik putih.

Jumlah lembar surat suara dalam setiap bungkus plastik disesuaikan dengan daftar pemilih tetap (DPT) di TPS setempat lalu ditambah 2,5 persen. Setelah jumlahnya sesuai, logistik itu dimasukkan dalam kotak suara.

Selain surat suara, ada beberapa logistik lainnya yang disimpan dalam kotak suara. Semuanya berupa alat kelengkapan TPS. Di antaranya berupa tiga lembar formulir C. Hasil-KWK, tinta, pipet tetes, segel, bantalan coblosan, sampul kertas, karet pengikat surat suara, kantong plastik, dan daftar hadir pemilih. Setelah semua lengkap, logistik tersebut segera dikirim ke panitia pemungutan suara (PPS) di kelurahan.

Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi mengungkapkan, saat ini berbagai kebutuhan logistik masih tahap pengepakan di tingkat kecamatan. Dibutuhkan waktu sekitar empat hari sebelum dikirim ke kelurahan.

Menurut dia, logistik baru akan dikirim ke PPS paling lambat Selasa (8/12). Kemudian pada waktu subuh keesokan harinya, logistik akan digeser ke setiap TPS sebanyak 5.184 titik.
“Tahapan dan waktu pengiriman sudah kami atur,” ujar Nur Syamsi.

APD yang datang terakhir Jumat malam (4/12) adalah sarung tangan lateks sebanyak 5.252 bungkus dan thermo gun sebanyak 5.184 unit. Pagi kemarin alat tersebut langsung dikirim ke kecamatan untuk seterusnya bakal dikirim ke kelurahan dan TPS. Nur Syamsi mengungkapkan, pengadaan APD maupun alkes merupakan ikhtiar untuk menjaga keamanan dan kesehatan seluruh petugas dan masyarakat dalam pelaksanaan pilkada di masa pandemi seperti saat ini. (ad/tea)