Guyub Rukun Warga Lebak Rejo Rayakan Idul Adha

Portaltiga.com – Suasana guyub rukun terlihat di kampung Lebak Rejo, Kelurahan Gading, Kecamatan Tambaksari, Rabu (22/8/2018) pagi. Usai melaksanakan sholat Idul Adha, warga RT 3 RW 1 langsung berkumpul di depan rumah ketua RT setempat.

Mereka bersiap menyembelih hewan kurban, seekor sapi dan dua ekor kambing. “Alhamdulillah tahun ini kami menyembelih satu sapi dan dua kambing hasil sumbangan warga, untuk disembelih bersama,” kata ketua RT Jamil.

Warga pun dengan sigap berbagi tugas. Ada yang bagian menyembelih, sebagian lainnya memotongi daging. Sedangkan ibu-ibu mengolahnya menjadi masakan sate dan gule.

“Sudah menjadi kebiasaan kami, daging juga dibagikan ke masing-masing rumah. Lalu sebagian yang lain kita masak untuk makan bersama,” urai Jamil.

Menjelang pukul 10.00 WIB, sekitar seratus kantong plastik daging sudah siap didistribusikan. Sedangkan aroma daging sate setengah matang berpadu dengan gule sangat menggoda selera.

“Sik yo, segoe durung mateng. Diluk engkas,” ucap Jamil kepada warganya untuk menanti sebentar menunggu nasi matang.

Sekira pukul 12.00, nasi matang dan sudah siap disantap bersama. Seluruh warga RT 3 berkumpul, begitu pula yang di dalam rumah turut keluar. Bapak-bapak, ibu-ibu, tua, muda, hingga anak-anak makan bareng.

Selain di RT 3, di Jalan Lebak Rejo juga ada RT 1 dan 2. Mereka juga sama, merayakan Idul Adha. (dwi/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION