Gus Ipul Sambang Pasien Perut Besar Di RS Dr Soetomo

 

Portaltiga.com : Kepedulian Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf terhadap warga Jatim yang menderita penyakit langka tak diragukan lagi. Setiap kali mendengar ada pasien berpenyakit langka di RS Dr Soetomo, Surabaya, Gus Ipul-panggilan akrabnya-selalu menjenguknya.

Kali ini, kepedulian Gus Ipul ditunjukkan dengan menjenguk Nurhayati (13 th) di ruang PICU RS dr Soetomo Surabaya, Selasa (24/1) sore. Gadis asal Desa Grenden Kec Puger Kab Jember itu menderita penyakit Asites Permagna (gangguan cairan di perut yang membesar).

Saat dijenguk Gus Ipul, dia kesulitan menggerakkan tubuhnya karena terganjal perutnya yang ukurannya tidak normal. “Mudah-mudahan cepat sembuh yah. Nurhayati suka nyanyi apa? Lagu Bintang Kecil bisa tidak,” kata Gus sambil mengelus kepala Nurhayati yang terbaring lemah di tempat tidur.

Gus Ipul mengaku pertama kali mendapat kabar LSM dan masyarakat bahwa siswi SMP anak kedua pasangan Supinah dan Suradi telah dirujuk ke RS dr Soetomo Surabaya untuk mendapat penanganan yang intensif. Karena itu, dia berbegas menjenguk pasien Asites tersebut.

“Saya minta jika ada orang tua yang anaknya sakit, segera bawa ke dokter. Tetangganya juga demikian bisa melaporkan ke RT, jangan dibiarkan begitu saja,” tuturnya.

Sejak Senin (24/1), Nurhayati dirujuk ke RSUD Dr Soetomo. Selama ini, Nurhayati tidak mendapatkan penanganan serius, sehingga perutnya semakin membesar dan mengganggu pernafasannya. ”Awalnya dulu hanya mimisan dan keluar darah. Terus lama-lama perutnya membesar,” kata Suraji, orang tua Nurhayati.

Menurutnya, kelainan yang dialami anaknya sudah dirasakan sejak usia tiga tahun. Waktu itu, Nurhayati sering mengeluh perutnya sakit dan mual-mual. “Tapi karena nggak punya uang hanya dibelikan obat peredi nyeri saja,” ucapnya.

Dr Bagus Setyoboedi, Sp.Ak yang menangani Nurhayati mengaku bahwa pihaknya belum bisa menyimpulkan penyebab penyakit yang diderita pasien. Alasannya, Nurhayati baru sehari dirawat di RS dr Soetomo sehingga baru dilakukan pemeriksaan awal untuk mencari penyebab pasti baru kemudian dilakukan tindakan pengobatan.

“Kami akan lakukan uji lab lanjutan dan MRA untuk mencari penyebab pasti penyakit yang diderita Nurhayati. Kalau dari gejala fisik luar memang pasien kekuarangan Albumin (protein) sehingga kulitnya kering dan rambutnya tipis,” jelasnya.

Penyakit Asites promagma ini, lanjutnya, tergolong langka. Namun, RS dr Soetomo pernah menangani pasien serupa. Penyebabnya juga beragam seperti karena gangguan peredaran darah, gangguan hati, infeksi perut, sistem pencernaan lanjutan, kekurangan gizi dan lain sebagainya.

“Kondisi pasien tak terlalu emergency. Meski begitu, kami belum berani menyimpulkan penyebabnya karena masih perlu melakukan pemeriksaan mendetail,” ujarnya. (Bmw)

JOIN THE DISCUSSION