Gus Ipul: Pendidikan Cinta Tanah Air Bisa Dilakukan Oleh Tokoh Masyarakat

Portaltiga.com – Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf mengatakan pendidikan cinta tanah air tidak hanya diberikan di sekolah dan perguruan tinggi, tapi juga bisa dilakukan oleh tokoh-tokoh agama, kiai dan tokoh masyarakat secara terus menerus.

“Salah satunya bisa melalui majelis Sholawat di kota maupun di desa,” ujarnya kepada wartawan usai Raker Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah VII Jatim yang dibuka oleh Menristek dan Dikti Muhammad Nasir, di Hotel Majapahit Jl Tunjungan Surabaya, Sabtu (16/9).

Menurutnya, Habib Syech setiap hari Sholawatan keliling Indonesia. Disamping mengajak dekat dengan Tuhan dan mencintai Rosulullah pada saat yang sama juga cinta tanah air yang diikuti ratusan ribu masyarakat.

“Ini sangat berharga. Mudah-mudahan nanti bisa diusulkan kepada Presiden yang layak mendapat penghargaan. Begitu pula dengan perguruan tinggi yang mempelopori,” ujar Gus Ipul, sapaan akrabnya.

Gus Ipul mengapresiasi APTISI Jatim yang mendaklarasikan untuk ikut memperkuat NKRI menghargai kebhinekaan, setia kepada UUD 1945 dan Pancasila. “Ini suatu hal yang berharga ditengah tantangan kemajuan teknologi. Dari berbagai survei, mayoritas bangsa kita ingin tetap bersatu dan memajukan Indonesia secara bersama-sama,” jelsnya.

Dengan kemajuan tekologi, lanjutnya, pandangan-pandangan yang mungkin berbeda yang dipengaruhi perkembangan global bisa mempengaruhi sebagian kecil dari masyarakat. Hal ini harus ditangkal dan dibentengi supaya masyarakat makin menyadari bahwa kita punya Negara yang begitu indah menghargai keragaman dan perlu gandeng tangan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang menyeluruh.

“Saya berharap pertemuan ini bisa menghasilkan sesuatu yang memberikan manfaat bagi perguruan tinggi swasta ke depannya. Pertemuan ini mudah-mudahan bisa merajut kebersamaan antara masing-masing perguruan tinggi swasta di Jatim,” harapnya. (Bmw/tea)

About the author

Related

JOIN THE DISCUSSION