portaltiga.com
Umum

Gus Ipul: Pemprov Jatim Akan Berusaha Tingkatkan Gaji Guru

Portaltiga.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) akan berusaha meningkatkan gaji guru. Beda dengan buruh, sampai sekarang belum ada standarisasi gaji guru di Jatim.

“Kalau buruh sudah ada standar UMK, tapi untuk guru belum ada. Secara bertahap kita akan terus mencari cara agar standarisasi gaji guru terpenuhi,” kata Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Saifullah Yusuf usai menghadiri upacara hari guru di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Al Hikmah, Surabaya, Sabtu (25/11).

Menurutnya, memang ada beberapa daerah yang sudah menerapkan standarisasi gaji guru. Kota Surabaya misalnya. Melalui Perda, Surabaya bisa memberikan gaji guru yang cukup memadai.

“Ini yang perlu menjadi perhatian bersama, karena kesejahteraan guru ini sangat mendukung profesi guru,” tandas Gus Ipul, sapaan akrabnya.

Selain gaji guru, Gus Ipul juga memberikan perhatian penuh pada mutu atau kualitas guru di Jatim. Ada tantangan menjadi guru sekarang ini makin kompleks dengan kemajuan teknologi.

“Saya melihat bahwa semangat para guru untuk berusaha meningkatkan kualitas cukup besar. Guru tak pernah berhenti semangatnya meningkatkan pengetahuan untuk mengikuti berbagai macam perkembangan yang ada,” paparnya.

Berdasar hasil survei, lanjutnya, semua guru pada dasarnya ingin melengkapi dirinya dengan mengikuti dan menambah perkembangan-perkembangan yang ada sekarang ini. Semangatnya ada, tinggal sekarang memfasilitasinya.

“Ada dua cara sekolah yang formal dan non formal untuk dapat meningkatkan kualitas guru. Antara lain pendidikan, pelatihan dan seminar,” kata calon gubernur Jatim ini. (bmw/tea)

Related posts

Khofifah dan Emil Dilantik Rabu 13 Februari 2019

admin

Emil Dardak Dorong Startup Jatim Lewat Millenial Job Center

admin

DPP PKB Resmi Serahkan SK Calon Gubernur Jatim kepada Gus Ipul

admin