Gus Ipul Minta Pemerintah Selidiki Runtuhnya Jembatan Widang Tuban

Poraltiga.com – Pemerintah pusat diminta segera menyelidiki penyebab pasti runtuhnya jembatan Widang, Tuban. Sebab, jembatan ini masuk dalam kewenangan pemerintah pusat.

“Harus diselidiki penyebabnya. Apakah karena faktor human error. Atau memang ada faktor lain,” kata Wakil Gubernur Jatim non aktif, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) kepada wartawan di Surabaya, Selasa (17/4/2018).

Menurutnya, jembatan penghubung Lamongan-Tuban ini masuk dalam kewenangan pemerintah pusat. Sehingga, memang harus ada sikap dari Balai Besar Jalan Nasional sebagai pengelola jembatan.

Ke depan, sebagai bentuk antisipasi pemerintah pusat juga harus melakukan langkah pencegahan untuk menghindari kejadian serupa. Jembatan secara berkala harus dilakukan pemeriksaan. Apalagi untuk jembatan yang berusia di atas 20 tahun.

“Kami menyayangkan adanya jembatan yang ambruk tersebut. Kejadian seperti ini seharusnya menjadi peristiwa terakhir. Kedepan, harus diperiksa lagi dan dicek kelaikannya,” tuturnya.

Sebagai langkah tindak lanjut atas insiden ini, Calon Wakil Gubernur Jatim nomor urut 2 ini meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), khususnya Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII, bagian perbaikan jembatan Unit Lamongan segera turun melakukan penyelidikan.

“Kita prihatin sekaligus berbelasungkawa atas adanya korban jiwa akibat runtuhnya jembatan tersebut. Kami mendengar kabar bahwa ada korban dari runtuhnya jembatan tersebut,” ucapnya.

Untuk diketahui, Jembatan Widang Tuban yang dibagi dua arah tiba-tiba saja runtuh, Selasa (17/4/2018). Akibatnya, sebuah dump truck, dua buah tronton dan sebuah sepeda motor m jatuh ke dalam sungai yang airnya agak surut. Dari kejadian, ini ada dua orang dinyatakan tewas. (bmw/tea)

About the author

Related

JOIN THE DISCUSSION