Gus Anom Populerkan Shalawat di Kalangan Artis

Portaltiga.com – Belakangan publik digegerkan oleh video Gus Miftah yang bershalawat bersama pekerja hiburan malam di sebuah klub malam di Bali. Sontak aksi Gus Miftah memicu kontroversi di masyarakat. Berbeda dengan Gus Miftah, sosok Gus Anom justru mempopulerkan shalawat di kalangan artis.

Menurut putera Syeikh Arifin ini, orang berdakwah punya caranya masing-masing. Seperti dirinya yang dianggap mempopulerkan shalawat di kalangan artis dan selebritis.

Gus Anom mengungkapkan, sejatinya dakwah yang ia lakukan tak mengkhususkan untuk kalangan artis atau publik figur. Bahkan ia memulai dakwah dari luar Pulau Jawa. Namun belakangan ada satu-dua artis yang ikut pengajian lalu mengajak rekan-rekan artis lainnya.

“Dari satu-dua artis lalu bertambah menjadi puluhan. Mereka saling mengajak satu sama lain. Mereka mengaku batin tenang setelah bershalawat. Akhirnya jadi jamaah dzikir dan shalawat saya,” tutur Gus Anom, Rabu (26/9/2018).

Pengasuh Majelis Ta’lim Al Munawwarah ini melanjutkan, belakangan para artis itu seperti ketagihan bershalawat. Di mana pun jadwal pengajian dirinya diikuti. Bahkan hingga ke luar kota seklipun. Semua itu dijalani mereka dengan ikhlas, dengan niat dan biaya sendiri.

Karena itu Gus Anom merasa lucu kalau ada kabar dirinya kaya raya dan dimodali orang kuat, sehingga bisa mengajak banyak artis di setiap pengajiannya. Menurutnya, rumor itu hanya isu yang dilontarkan orang yang tidak paham kenyataan yang sesungguhnya.

“Sekaya-kayanya saya, mana mampu saya membayar tarif artis seperti Tommy Kurniawan, Master Limbad, Venna Melinda, Verrel Bramasta, Feni Rose, Annisa Trihapsari, Sultan Djorghi, Devita Rusdy. Satu artis tarifnya puluhan juta. Uang dari mana saya, gak akan sanggup. Apalagi waktu pengajian di Banjarmasin sampai 24 artis yang ikut,” imbuh ustadz yang sempat dikabarkan akan menikah dengan pedangdut Kristina tersebut.

Gus Anom mengungkapkan, para artis yang gemerlap dengan gelimang harta juga membutuhkan keseimbangan spiritual. Sebab harta dan popularitas tak selamanya membawa kepuasan. Dengan zikir dan bershalawat para artis mendapat kepuasan dan ketenangan batin.

Ia menambahkan, ada juga artis yang mengaku setelah rajin bershalawat rejekinya semakin bertambah. Ada juga yang mengaku kesulitannya teratasi. Bahkan ada yang mengaku terlepas dari gangguan ilmu hitam. Tapi Gus Anom enggan menyebut nama artis tersebut.

“Intinya tujuan kita bershalawat itu mendoakan dan memuliakan nama Nabi Muhammad. Kalau ada yang mendapat berkah dari bershalawat, itu rejeki yang bersangkutan. Terpenting niatnya ikhlas ibadah,” pungkas ustadz asli Surabaya ini. (wan/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION