Gunung Soputan Meletus, Bupati Minsel Imbau Warga Hindari Aliran Sungai Dan Pakai Masker

Portaltiga.com – Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu mengimbau warga yang berada di sekitar Gunung Soputan menghindari aktivitas di sekitar aliran sungai dan mengenakan masker untuk menghindarkan warga dari penyakit ISPA.

“Sebaiknya hindari larangan yang sudah ditentukan oleh PVMBG, jangan beraktifitas dekat aliran sungai, dan menggunakan masker untuk menghindari terjangan abu vulkanik,” kata Christiany, Rabu (3/10/2018).

Dampak erupsi Gunung Soputan tidak hanya dirasakan warga Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Sulawesi Utara. Warga di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) juga terdampak.

Warga sekitar Gunung Soputan di dua kabupaten yakni Mitra dan Minsel kini dalam keadaan waspada. Mereka mempersiapkan diri dengan masker-masker karena abu material Gunung Soputan mulai menerjang kawasan sekitar.

Gunung Soputan, di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, Rabu 3 Okotober sekitar pukul 08.47 Wita, mengalami erupsi. Tinggi kolom abu teramati ± 4.000 m di atas puncak atau ± 5.809 m di atas permukaan laut.

“Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga cokelat dengan intensitas tebal condong ke arah barat dan barat laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 39 mm dan durasi lebih kurang enam menit,” ungkap Asep, petugas Gunung Soputan.

Visual saat ini terjadi erupsi ke 2, pukul 10.44 Wita, dengan istimasi ketinggian kolom letusan 2.000 meter di atas puncak, warna kelabu sedang hingga tebal condong ke arah barat-barat laut. (lnc/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION