Gunung Agung Semburkan Abu Vulkanik 2500 Meter, PVMBG Tak Tingkatkan Radius Zona Bahaya

Portaltiga.com – Gunung Agung, di Kabupaten Karangasem, Bali kembali menyemburkan abu vulkanik setinggi 2500 meter, Kamis (11/1/2018) kemarin. Meski begitu, PVMBG menyatakan tidak akan meningkatkan radius zona bahaya.

Aktifitas vulkanik Gunung Agung sampai saat ini masih relatif tinggi. Sejumlah erupsi atau letusan terus terjadi di gunung yang sejak tahun kemarin mendapat penangnan khusus.

Terbaru, pada Kamis (11/1/2018) pukul 17.54 WITA, kembali menyembuhkan abu vulkanik dengan ketinggian mencapai kurang lebih setinggi 2.500 meter di atas puncak. Pihak PVMBG juga masih belum mencabut status awas dari gunung tersebut.

Kepala PVMBG Kasbani memastikan bila Pulau Dewata Bali masih aman untuk dikunjungi. Asalkan para wisatawan tidak memasuki zona bahaya dengan radius 6 kilometer dari puncak gunung.

“Kami tegaskan lagi zona bahaya sudah ditetapkan dengan radius 6 kilometer. Potensi abu vulkanik itu memang ada tapi tergantung arah angin. Kemarin arahnya ke utara dan timur laut. Jadi tidak mengenai bandara di Denpasar. Transportasi masih bisa berjalan normal,” kata Kasbani, saat ditemui di Kantor PVMBG, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (12/1/2018).

Kasbani kembali menegaskan, bila Bali aman dikunjungi. Para turis masih bisa datang untuk menikmati keindahan Pulau Dewata Bali. “Jadi tegaskan kembali wisata masih aman. Turis-turis aman di luar zona (bahaya) 6 kilometer. Jadi silahkan turis-turis datang,” ucap Kasbani. (dtc/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION