Gunung Agung Alami Erupsi Eksplosif Strombolian

Portaltiga.com – Gunung Agung kembali mengalami erupsi eksplosif strombolian siang ini. Letusan itu terjadi pada pukul 12.21 Wita, Rabu (4/7/2018). Abu vulkanik terlihat terbawa angin saat erupsi terjadi.

Pos Pengamatan Gunung Api Agung, Desa Rendang, Karangasem, Bali, Gunung Agung tertutup awan. Namun terlihat nampak perbedaan antara awan putih dan abu vulkanik yang di semburan di atas puncak Gunung Agung.

Abu vulkanik itu terlihat lebih cokelat dan gelap dibandingkan dengan awan putih itu. Sementara untuk abu vulkanik tersebut terbawa angin yang saat ini mengarah ke Barat.

Sebelumnya, data dari Pos Pengamatan Gunung Api Agung, Desa Rendang, Karangasem, Gunung Agung mengalami dua erupsi eksplosif strombolian. Sebelumnya terjadi pada pukul 03.25 Wita dini hari. Berselang satu setengah jam, Gunung Agung kembali alami erupsi abu dengan ketinggian kolom sekitar 1.000-2.000 meter dari puncak kawah.

Erupsi Strombolian yang terjadi pada dini hari tadi jangkauan lontarannya hanya berjarak 1 kilometer, lebih kecil ketimbang yang terjadi pada 2 Juli kemarin yang jaraknya sampai 2 km.

Hasil pengamatan citra satelit, PVMBG masih merekam adanya citra panas di puncak Gunung Agung. (dtc/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION