Gulai Kepala Ikan Ala Papilio Mak Nyus

15/05/2017
128 Views

Portaltiga.com: Menjadi hotel berbintang tidaklah cukup membuat Best Western Papilio Hotel berhenti untuk berkreasi dan berinovasi dalam pelayanan dan produk-produk yang disajikannya bagi para tamu. Setiap bulannya Best Western Papilio Hotel senantiasa memanjakan para tamunya dengan menu-menu pilihan terbaik yang tidak hanya sedap dinikmati, unik dipandang namun juga punya esensi yang terkandung dalam setiap masakan yang disajikan special disetiap bulannya.

 

Bulan Mei yang identik dengan Hari Ibu ini pun dimanfaatkan untuk menyajikan makanan khas rumahan sebagai bentuk apresiasi kepada ibu-ibu di Indonesia yang memancarkan kasihnya dalam setiap masakan-masakannya. Seperti tagline Best Western sendiri, Wherever life takes you, Best Western is there. Best Western Papilio Hotel senantiasa ada bagi para tamunya untuk menyajikan pelayanan terbaik dalam setiap hal.

 

Menu-menu pilihan yang diangkat di bulan Mei ini adalah Gulai Kelapa Ikan, Fantastic Four untuk promo minuman, Plaited Chocolate & Nut Bread dan Love Bites Cake untuk promo pastry bulan Mei. Adapun, menu utamanya adalah Gulai Kepala Ikan. Inspirasi ini saya dapat saat sedang melakukan survey di pasar dan melihat banyak kepala ikan lalu saya berpikir, kenapa tidak dimanfaatkan saja menjadi olahan yang unik. Selain itu, Gulai Kepala Ikan sendiri merupakan makanan yang cukup favorit di Surabaya sebagai masakan rumahan khas ibu. Jelas Executive Chef Best Western Papilio Hotel Surabaya, Rudy Hartono, Senin (15/5)

 

Gulai Kepala Ikan yang menjadi menu andalan di bulan Mei ini diolah bersama bawang putih, bawang merah, cabai merah besar, cabai rawit, jahe, laos, kunyit, kemiri, dan ketumbar yang dihaluskan dan ditumis bersama minyak ataupun mentega. Setelah aromanya mulai tercium lalu dapat memasukkan daun jeruk purut, sereh, belimbing wuluh yang diiris tipis dan cabai hijau yang diranjang tipis, dilanjutkan dengan kaldu ikan sebagai kuahnya. Setelah mendidih lalu dilanjutkan dengan seasoning  (garam, gula, merica), barulah santan dicampurkan dan terakhir kepala ikan kakap yang telah diberi lemon juice, cuka ataupun jeruk nipis dan didiamkan selama 30 menit lalu dimasukkan.

 

Menurut Chef Rudy, kepala ikan kakap adalah kepala ikan yang paling pas, sebab jika menggunakan kepala ikan lain maka tidak akan seenak menggunakan kepala ikan kakap. Tekstur dari kepala kakap adalah kepala yang pas untuk olahan gulai. Gulai ikan kakap yang mengingatkan pada masakan ibu ini dapat dinikmati hanya di Mariposa Restaurant yang terletak di lantai 7, Best Western Papilio Hotel.(Adhie)

 

 

 

Leave A Comment