portaltiga.com
Umum

Gubernur Ingatkan Jamaah Calon Haji Agar Jaga Kondisi

 

Portaltiga.com: Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengingatkan jamaah calon haji kloter 1 asal Embarkasi Surabaya asal Sumenep agar selalu menjaga kondisi selama tinggal di Arab Saudi, karena suhu disana sangat panas. Saat ini, suhu di Arab Saudi mencapai 50 derajat celsius.

“Dengan suhu di atas 50 derajat celcius, maka dibutuhkan kekuatan tak hanya fisik, namun juga batin agar tetap dingin,” katanya saat melepas keberangkatan
jamaah calon haji kloter 1 asal Embarkasi Surabaya asal Sumenep di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Selasa (9/8).

Menurutnya, panitia memang menyiapkan air pendingin agar jamaah bisa membasuh kepala jika merasa panas. Tapi sesungguhnya yang dibutuhkan lebih dari itu, yaitu kesabaran, keikhlasan dan ketawaqalan kepada Allah.

“Jadi, selama menjalankan ibadah haji harus menomorsatukan kesabaran dan keikhlasan agar segalanya dipermudah. Labaik allahumma labaiik. Selamat beribadah kepada jamaah calon haji, semoga mabrur, dan kembali ke Tanah Air, tuturnya.

Gubernur yang akrab Pakde Karwo itu juga mengajak jamaah untuk tak henti-hentinya bersyukur kepada Allah SWT karena diberi kesempatan beribadah di Tanah Suci. Sebab, masih banyak saudara-saudara kita yang menginginkan pergi ke Baitullah, tapi belum mendapat kesempatan.

Bahkan, sudah ada masyarakat yang mendaftar, tapi tidak jadi berangkat. “Disana para jamaah jangan lupa menitipkan doa agar Jatim dan Indonesia tetap menjadi Negara yang sejahtera di bawah naungan serta lindungan Allah SWT,” katanya.

Jadwal penyelenggaraan ibadah haji di PPIH Embarkasi Surabaya mencatat kloter pertama dari Kabupaten Sumenep masuk Asrama Haji Embarkasi Surabaya pada 8 Agustus 2016 dan berangkat ke Tanah Suci pada 9 Agustus 2016.

Untuk penyelenggaraan haji 2016, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya akan menangani pemberangkatan 28.356 calon haji dari tiga provinsi yakni 27.323 calhaj dari Jawa Timur, 512 calhaj dari Bali, dan 521 calhaj dari Nusa Tenggara Barat (NTB). Semuanya berangkat dengan 64 kloter. (Bmw