Gubernur Dukung DPRD Jatim Desak Peningkatan Kinerja 3 BUMD

Portaltiga.com – Gubernur Jatim Soekarwo mendukung permintaan DPRD Jatim agar penambahan penyertaan modal daerah kepada BUMD harus dapat meningkatkan kinerja dan profesionalitas BUMD. Sehingga mampu meningkatkan kontribusinya terhadap pendapat daerah dan tidak membenani pemerintah daerah.

“Memang penambahan penyertaan modal kepada BUMD telah dilakukan analisa investasi dan rencana bisnis perusahaan yang menjadi dasar usulan awal,” kata Soekarwo, Senin (27/8/2018).

Pria yang akrab disapa Pakde Karwo ini memaparkan penyertaan modal pada PD Air Bersih Rp 55 miliar digunakan untuk mendukung operasionalisasi fasilitas air minum umbulan setelah kontruksi selesai. Antara lain untuk infrastruktur dan lembaga unit SPAM Umbulan, penyiapan jaringan distribusi, reservoir pompa, rumah panel, genset dan lain sebagainya.

“Karena fasilitas air minum Umbulan akan mulai beroperasi akhir tahun 2018, sehingga untuk mendapatkan potensi pendapatan dari penjualan air bersih, maka pembangunan infrastruktur menjadi prioritas,” papar Pakde Karwo.

Begitu juga untuk penyertaan pada PT Jamkrida Rp 5 milair digunakan untuk peningkatan ekuitas perusahaan sebagai upaya meningkatkan nilai jaminan kredit.

“Terutama penjaminan proyek skala mikro melalui penerbitan surety bond, melakukan perluasan jalinan kemitraan dengan Bank Mandiri dan lembaga pengelola dana bergulir,” jelas Pakde Karwo.

Begitu juga penyertaan Modal di PT Asuransi Bangun Askrida sebesar Rp 3,17 miliar dilakukan sehubungan dengan pengembangan usaha sesuai surat pengajuan. Dimana PT Asuransi Bangun Askrida akan melakukan penawaran saham dan masa penyetoran penambahan modal.

Dikarenakan kepemilikan saham Pemprov Jatim adalah minoritas sehingga apabila tidak dilakukan penambahan penyertaan modal maka bagian saham Pemprov Jatim akan diberikan kepada pemegang saham lainnya. “Jadi itu untuk mencegah terdilusinya saham Pemprov Jatim di PT Asuransi Bangun Askrida,” pungkas Soekarwo. (abd/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION