Google Doodle Tampilkan Sosok Dr. Katsuko Saruhashi, Siapakah Ia?

Portaltiga.com – Google hari ini kembali memperingati hari lahir salah seorang tokoh dunia. kali Google menampilkan sosok perempuan bernama Dr. Katsuko Saruhashi.

Melalui halaman utamanya, google menampilkan Doodle seorang wanita yang tengah membawa sebuah papan dan dibelakangnya terdapat gambar air yang membentu huruf google.

Katsuko Saruhashi adalah seorang kelahiran jepang pada 22 Maret 1920 dan meninggal pada 29 September 2007. Katsuko adalah seorang yang berhasil karena penelitiannya sebagai seorang geokimiawan.

Ia menjadi orang pertama yang berhasil mengukur konsentrasi asam karbonat dalam air berdasarkan suhu, Ph level, dan chlorinity. Dinamai ‘Saruhashi’s Table’ setelahnya, metodologi ini terbukti sangat berharga bagi para ahli kelautan di mana-mana.

Katsuko Saruhashi juga mengembangkan teknik untuk melacak perjalanan kejatuhan radioaktif melintasi samudera yang menyebabkan pembatasan eksperimen nuklir samudera pada tahun 1963.

Selama 35 tahun kariernya, Katsuko Saruhashi menjadi perempuan pertama yang terpilih menjadi anggota Dewan Ilmu Pengetahuan Jepang pada tahun 1980. Ia juga perempuan pertama yang mendapatkan penghargaan Miyake Prize untuk geokimia pada tahun 1985. Penghargaan itu adalah salah satu dari sekian banyak penghargaan yang diraihnya.

Katsuko Saruhashi sangat berkomitmen untuk menginspirasi para perempuan muda belajar sains. Dan ditetapkan sebuah penghargaan atas namanya, Saruhashi Prize pada tahun 1981, sebagai pengakuan bagi perempuan ilmuwan untuk penelitian yang berbeda-beda dalam ilmu pengetahuan. (tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »