Gesang Terjungkal, Nama Gatot Sudjito Calon Kuat Ketua Golkar Jatim

Portaltiga.com: Klaim dari Sekretaris DPD tingkat I Partai Golkar Jatim Gesang Budiarso yang mengaku didukung hampir sebagian besar dari pengurus DPD tingkat II partai Golkar dalam musda partai Golkar yang digelar Februari mendatang patut dipertanyakan. Menurut sebuah sumber di internal Partai Golkar selama ini Gesang dikenal sebagai petinggi Golkar Jatim yang selalu berada dibawah DPP Partai Golkar Ketum Aburizal Bakrie (ARB). “Dia itu pegawainya ARB yang ditempatkan di Golkar. Padahal yang ada dualisme ditingkat pusat. Yang dibutuhkan di Jatim adalah calon ketua DPD yang netral,”ujar sumber tersebut saat ditemui di DPD tingkat I Partai Golkar di Jl. A Yani Surabaya.senin (18/1).
Dikatakan oleh sumber tersebut, saat ini salah satu kandidat yang cocok untuk memegang tampuk kursi Ketua DPD tingkat 1 di Golkar Jatim adalah anggota Komisi II DPR RI Gatot Sudjito. “ Meski ada calon lain misalnya Addies kadir, Sambari Halim, Rendra Kresna, Hingga Gesang, namun nama-nama tersebut diyakini tak mampu memimpin Partai Golkar di Jatim karena tak netral menyikapi dualisme Partai Golkar. Justru yang netral dan tak berada di dua kubu adalah Gatot Sudjito. Dia saya pastikan didukung penuh pengurus DPD Tingkat II Partai Golkar se Jatim,”ungkap sumber tersebut.
Gatot Sudjito sendiri, kata sumber tersebut, yang bersangkutan memiliki pengalaman yang cukup banyak baik di organisasi kepemudaan, sayap, ormas dan di legislatif (politik). Apalagi mantan Anggota DPRD Jatim ini dianggap mampu mempersatukan dua kubu, karena figurnya dapat diterima dimana-mana selain track recordnya disemua kepengurusan cukup baik.
Terpisah, Sekjen DPP Partai Golkar, Idrus Marham mengatakan yang pasti DPP memberikan kebebasan kepada seluruh kader Partai Golkar yang ingin maju dalam Musda nanti. ‘’Kami ada ditengah-tengah. Dan kami memberikan kebebasan kepada semua kader partai yang bersaing secara sehat dalam Musda nanti.Artinya DPP tidak melakukan aksi dukung mendukung kepada salah satu figur. Kalau ada itu tidak benar,’’ujarnya.
Idrus menambahkan diharapkan dalam Musda ini akan muncul figur yang dapat diterima semua pihak alias mampu mempersatukan dua kubu yang berseteru. Selain, yang bersangkutan memiliki jiwa kepemimpinan baik saat duduk di kepengurusan partai maupun politik. Selain memiliki loyalitas yang tinggi dalam membesarkan Partai Golkar serta bisa berkomunikasi dengan siapa saja diluar partai.
‘’Memang kami berharap figur Ketua DPD Partai Golkar kedepan adalah orang yang bisa memersatukan dua kubu yang selama ini bersetru. Itu penting, karena 2016 ini banyak sekali tantangan yang dihadapi oleh Partai Golkar,khususnya dalam Pilkada serentak, Pilpres hingga Pileg. Dan ini dibutuhkan pimpinan yang benar-benar mumpuni,menguasai medan dan memiliki segudang pengalaman baik di partai maupun politik (Legislatif). Dan yang tak kalah penting mampu diterima semua DPD II Partai Golkar se-Jatim,’’paparnya. (Yud)

JOIN THE DISCUSSION