portaltiga.com
Headline Kabar Kita

Gelar Projek Zero Waste, Siswa SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo Deg-degan

Portaltiga.com – SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo telah menerapkan kurikulum sekolah penggerak sejak tahun pelajaran 2021-2022. Sebagai salah satu sekolah penggerak telah melaksanakan program pembelajaran penguatan profil pelajar Pancasila.

Program itu dikemas dalam bentuk unjuk karya siswa dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan pada Sabtu (26/3/2022).

Acara bertajuk Share Day Pembelajaran Projek 2 Zero Waste yang digelar di ballroom itu dihadiri oleh wali murid kelas 7. Mereka menyaksikan presentasi serta hasil karya siswa yang didisplay di sepanjang koridor lantai 1.

Kepala SMP Al Falah Deltasari, Tutik Susilowati dalam sambutan pembukaan mengatakan, projek penguatan pelajar Pancasila 2 ini berjudul zero waste.

“Projek zero waste ini bertujuan memahami dampak dari aktivitas manusia, baik jangka pendek maupun jangka panjang, terhadap keberlangsungan kehidupan di dunia maupun lingkungan sekitarnya,” papar Usi, panggilan akrab Tutik Susilowati.

Ada tiga karya ditampilkan para siswa kelas 7 yang display. Karya yang dipamerkan itu berupa berbagai hasil kerajinan berbahan barang bekas.

Kelompok projek Barbeku (Barang Bekas Berkualitas) ini menghasilkan sebuah karya berbagai hiasan dinding dari bahan-bahan bekas pakai. Juga ada berbagai tas yang dibuat dari bekas bungkus plastik diterjen. Dan juga satu baju yang dirajut dari bahan bekas pakai.

Stand Banner yang menjelaskan alur pengolahan sampah hingga menjadi pupuk organik merupakan hasil karya kelompok projek Fertilizer Manufacturing. Mereka juga menyajikan berbagai hasil pengolahan sampah menjadi pupuk organik. Semua dibagikan gratis kepada wali murid yang hadir.

Sedangkan kelompok projek Healthy Food and Drink menyajikan berbagai kue dan minuman olahan dari bahan-bahan alami. Sinom yang dibuat oleh para siswa ini dibagikan gratis kepada tamu yang hadir. Juga ada puding labu yang dikemas bagus dibagikan gratis.

Kayla, siswi kelas 7 yang tergabung dalam projek Barbeku usai presentasi mengaku sangat senang dan lega.

“Seru. Deg-degan saat presentasi tadi. Tapi secara keseluruhan sangat puas dengan acara ini,” kata Kayla.

Sementara itu, Darmanto salah satu wali murid mengatakan sangat senang dan puas melihat hasil karya anak-anak.

“Tadi saya sempat mencicipi sinom buatan anak-anak. Segar rasanya dan tentu menyehatkan,” kata Darmanto. (ansor/abi)

Related posts

Menengok Keseruan Kelas Preneur Day SMP Al Falah Deltasari

admin

Spelfa Fair SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo Banjir Peserta

admin

Charity Art Exhibition, SMP Al Falah Deltasari Pamer Karya Siswa

admin