Gelar Pentas Seni, Anggota DPRD Jatim Dapil 8 Nguri-uri Budaya Sambil Sosialisasi Perda

Portaltiga.com – Dalam rangka perayaan HUT Provinsi Jawa Timur ke-74, anggota DPRD Jatim dari Dapil 8 menggelar pentas seni budaya di GOR Joyoboyo Kediri, Sabtu (8/11/2019). Temanya mensukseskan Nawabakti Jawa Timur Sejahtera.

Kegiatan ini sekaligus sosialisasi 14 peraturan daerah (Perda) yang sudah disahkan tahun ini. Diantaranya, Perda Keamanan dan Ketertiban, Bantuan Keuangan Desa dan lain-lainnya.

Kegiatan dihadiri anggota DPRD Jatim Dapil 8, yaitu: Chusainuddin, Subiyanto Sabron Djamil, Heri Setiawan, dan Basuki Babussalam. Tampak pula Kadisbudpar Pemuda dan Olah Raga mewakili Wali Kota Kediri, anggota DPRD Kota Kediri, serta tokoh masyarakat.

“Acara ini bertujuan juga untuk mengenang lahirnya hari jadi Provinsi Jatim, dan bentuk penghormatan pada leluhur yang telah mendahului kita,” kata Chusainuddin.

Pagelaran seni menampilkan seni tari Suko Suko, fragmen tari Panji, Wirotomo, serta kesenian jaranan Mayangkoro.

“Kita lakukan kegiatan ini juga untuk nguri-uri atau melestarikan bidaya dan seni Jawa serta mencintainya. Sebab keberadaan seni tradisional ini semakin tergerus oleh kebudayaan barat,” papar Chusainuddin.

Ia merasa kegiatan semacam ini sangat dibutuhkan masyarakat. Bahkan bila perlu setahun dilaksanakan dua kali mengingat antusiasme masyarakat sangat tinggi.

“Kegiatan ini merakyat, juga efektif dalam melakukan penyapaan kepada masyarakat dan sosialisasi Perda yang dibikin oleh dewan,” harap politisi PKB ini.

Diungkap pula, selain sosialisasi Perda di Dapil, juga ada sosialisasi Perda masing-masing komisi sebanyak 4 atau 6 titik. Chusainuddin menilai ini masih kurang merata dan krg efektif karena anggota per komisi berkisar 23 orang. (wan/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »