Gelar Mudik Lebaran Gratis, Jatim Siapkan 450 Bus

  Portaltiga.com: Diprediksi arus mudik lebaran Tahun 2016 mengalami peningkatan, Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (Dishub LLAJ) Jatim menyiapkan 450 armada bus. Jumlah tersebut, naik dibanding jumlah angkutan mudik lebaran gratis tahun 2015, sebanyak 410 bus. “Kalau dibanding tahun lalu, memang ada kenaikan 40 bus untuk angkutan mudik lebaran gratis tahun ini. Kami akan membuka pendaftaran tanggal 11 Juni,” kata Kepala Bidang Angkutan Dishub LLAJ Jatim, Sumarsono kepada wartawan di Surabaya, Rabu (18/5).

Seperti tahun lalu, Dishub LLAJ Jatim mensosialisaikan program mudik lebaran gratis lebih dulu ke masyarakat. Sosialisasi dilakukan sebelum pendaftaran dibuka pada 11 Juni dan dilakukan di beberapa tempat, seperti Masjid, Panti Asuhan, TV dan media massa. “Sasaran utama kita tentu warga yang tidak mampu, serta buruh atau pekerja. Berdasar pengalaman tahun lalu, pemudik lebaran gratis banyak dihuni para buruh dari berbagai perusahaan,” ungkapnya. Nantinya, 450 bus yang disiapkan untuk mudik lebaran gratis disebar di beberapa tempat. Antara lain, ratusan bus tersebut ditempatkan di Kantor Dishub LLAJ Jatim, PWNU Jatim, Kadin Surabaya, Radar Surabaya, Universitas Airlangga (Unair), ITS, Radio Suara Muslim dan Sidoarjo.

Dari beberapa lokasi itu, Kantor Dishub LLAJ Jatim terbanyak jumlah armadanya, yakni 183 bus. “Boleh saja mengajukan mudik gratis asal dengan syarat harus habis, seperti mudik bareng gratis di radion suara muslim itu,” ujarnya. Berdasarkan pengalaman, menurut Sumarsono, rute jauh banyak diminati para pemudik. Seperti, daerah Ponorgo, Magetan, Trenggalek, Pacitan dan Banyuwangi. Armada bus yang disiapkan selalu penuh dengan penumpang.

“Nantinya, untuk jurusan Pacitan, ada kendala di Kecamatan Tegalombo, karena ada perbaikan jembatan Belly. Arus lalu lintas dialihkan ke Wonogiri, sehingga otomatis jaraknya lebih jauh. Sampai ke Pacitan bisa memakan waktu 12-13 jam,” paparnya. (Bmw)

JOIN THE DISCUSSION